Image

Paslon dari 5 Daerah di Jatim Tes Kesehatan di RSUD Syaiful Anwar

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 16:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 519 1843555 paslon-dari-5-daerah-di-jatim-tes-kesehatan-di-rsud-syaiful-anwar-N0GWwgaadF.jpg Tes kesehatan di RSUD Syaiful Anwar (Foto: Okezone)

MALANG - Usai pendaftaran bakal calon kepala daerah, hari ini KPU melakukan tes kesehatan. Di Jawa Timur sendiri terdapat tiga rumah sakit yang ditunjuk sebagai tempat tes kesehatan, yakni RSUD Dr. Soetomo dan RSAL Dr. Ramlan Surabaya, dan RSUD Syaiful Anwar.

Di RSUD Syaiful Anwar Kota Malang sendiri ada lima daerah penyelenggara Pilkada, antara lain Kabupaten Bondowoso, Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kota Malang. Total ada orang pasangan calon dari pasangan bakal calon kepala daerah di 5 daerah tersebut pada Kamis (11/1/2018).

Ketua Tim Dokter Pemeriksaan, dr. I Wayan Agung Indrawan mengatakan pemeriksaan dibagi menjadi dua yakni pemeriksaan psikologis dan medis fisik dengan diawasi oleh 40 tim dokter spesialis dari rumah sakit.

"Kita bagi dua tim, tim A untuk calon dari Kota Malang, Pasuruan, dan Probolinggo. Tim B terdiri Bondowoso dan Lumajang," jelas dr. Wayan saat ditemui media.

Tes akan dilakukan bergiliran pada hari ini, tim A akan menjalani tes psikologi sementara tim B mengikuti tes fisik. Sedangkan besok, akan dilakukan sebaliknya tim A mengikuti tes fisik dan tim B mengikuti trs psikologis yang dilakukan dari pukul 07.00 sampai 14.00 WIB.

Tes psikologi terdiri dari tes inteligensi, kepribadian, dan MMPI. Sedangkan tes fisik meliputi laboratorium, narkoba, jantung, THT, mata, paru - paru, dan treadmill.

Tes ini juga melibatkan tim dari BNN untuk memeriksa tes narkoba dan tim Himpunan Psikologis Indonesia (Hipsi) pada tes psikologi.

Hasil dari tes medis, nantinya akan dirapatkan pada 15 Januari 2018 dan hasil tes medis akan dikirimkan ke KPU daerah masing - masing pada 16 Januari 2018.

"Nanti akan kita nyatakan layak atau tidak maju pencalonan. Jika ada riwayat penyakit akan kita berikan juga rekomendasi medis dan obatnya seperti apa," terangnya.

Adapun pasangan calon yang mengikuti tes di RSUD Syaiful Anwar terdiri dari paslon dari 3 Paslon dari Kota Malang, 5 Paslon dari Kota Probolinggo, 3 Paslon dari Kabupaten Lumajang, 2 Paslon dari Kabupaten Bondowoso, dan 1 paslon dari Kabupaten Pasuruan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini