27 SMP di Padang Siap Laksanakan UNBK 2018

ant, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 13:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 11 65 1843431 27-smp-di-padang-siap-laksanakan-unbk-2018-GVK5bJ2vNy.jpg Ilustrasi

PADANG - Sebanyak 27 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Padang, Sumatera Barat, akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018. Demikian kata pejabat setempat.

"Sekolah yang akan mengikuti UNBK tersebut terdiri atas 22 sekolah pelaksana UNBK secara mandiri dan lima SMP penyelenggara bersama," kata Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Padang, Ramson di Padang, Kamis (11/1/2018).

Dia menyebutkan sekolah yang menjadi penyelenggara bersama tersebut adalah SMPN 11 Padang, SMPN 30 Padang, SMPN 31 Padang, SMPN 33 Padang dan SMPN 12 Padang.

Pelaksanaan UNBK SMP di Padang, ujar dia, merupakan yang kedua kalinya pada tahun ini yang akan dilaksanakan, sehingga diperlukan persiapan yang matang serta menyiasati kekurangan fasilitas dalam pelaksanaannya, seperti komputer.

Untuk menyiasati kekurangan fasilitas komputer direncanakan pemakaian komputer SMA atau SMK. Hal itu karena SMA/SMK lebih dulu menyelenggarakan UNBK dibandingkan tingkat SMP.

Terkait target untuk pencapaian hasil UNBK, pihaknya tidak memasang target untuk itu, namun terus mendorong sekolah untuk memberikan pelatihan kepada siswa yang akan mengikuti UNBK.

Sebelumnya pada tahun 2017, hanya 15 sekolah yang mengikuti UNBK dengan empat sekolah sebagai penyelenggara UNBK secara mandiri.

Sementara, Persatuan Guru Republik Indonesia Provinsi Sumatera Barat menyatakan UNBK dapat meminimalkan kecurangan selama pelaksanaan ujian. "Dengan adanya UNBK kecurangan-kecurangan yang selama ini dikhawatirkan dapat diminimalisasi atau bahkan tidak terjadi," kata Ketua PGRI Sumbar Zainal Akil.

Dia mengatakan PGRI Sumbar mendukung pelaksanaan UNBK karena dapat membangun jiwa yang jujur baik bagi guru maupun peserta didik sehingga dapat menghasilkan siswa yang berkualitas.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini