Image

430 Penumpang di Jepang Terjebak di Kereta Selama 15 Jam Akibat Salju

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 12:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 18 1843975 430-penumpang-di-jepang-terjebak-di-kereta-yang-penuh-sesak-selama-15-jam-akibat-salju-eIiyPOniOc.jpg Salju tebal menghalangi jalur kereta api di Jepang. (Foto: AP)

TOKYO - Ratusan penumpang kereta komuter di Tokyo, Jepang terpaksa menghabiskan malam mereka di dalam gerbong kereta. Hal tersebut terjadi lantaran adanya salju tebal di yang berada jalur rel di utara Jepang dan mengganggu laju kereta.

Jalur kereta yang tertutup saljut tepatnya berada di wilayah Shinetsu di prefektur Niigata. Akibat hal tersebut sekira 430 penumpang terjebak di dalam kereta selama lebih dari 15 jam. Mirisnya, saat kejadian diketahui bahwa kereta tengah dalam kondisi penuh-sesak.

BACA JUGA: Badai Salju Paksa Pesawat Singapore Airlines Mendarat di Bandara Kecil AS

Hal ini tentunya semakin membuat para penumpang menderita karena harus menghabiskan malam mereka di tempat yang sempit dan tidak nyaman. Bahkan sebagian penumpang diketahui tak mendapatkan tempat duduk dan harus menunggu dengan berdiri.

A train, center, is stranded in Sanjo, Niigata prefecture, north of Tokyo Friday, Jan. 12, 2018. A Japanese railway official says about 430 people were stuck on the train overnight because of heavy snow that blanketed much of the country’s Japan Sea coast. (Yohei Fukai/Kyodo News via AP) Photo: Yohei Fukai, AP / Kyodo News

Salju tebal menghalangi jalur kereta. (Foto: AP)

Sebagaimana diwartakan Reuters, Jumat (12/1/2018), kereta terhenti pada Kamis 11 Januari sekira pukul 19.00 waktu setempat dan baru bisa melanjurkan perjalanan pada keesokan harinya. Beruntung, karena kereta memiliki fasilitas pemanas dan tiap gerbongnya memiliki satu kamar mandi.

BACA JUGA: Dua Pesawat Bersenggolan di Bandara John F Kennedy Akibat Badai Salju

Berdasarkan keterangan Juru Bicara East Japan Railway, akkibat insiden ini, lima orang penumpang dilaporkan jatuh sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit. Saat kejadian, penumpang diminta untuk tidak turun atau keluar dari kereta dengan alasan keamanan mengingat udara dingin yang tengah melanda. Namun, beberapa penumpang tak mengindahkan peringatan tersebut.

Passengers take shelter from a stranded train in Sanjo, Niigata prefecture, north of Tokyo Friday, Jan. 12, 2018. A Japanese railway official says about 430 people were stuck on the train overnight because of heavy snow that blanketed much of the country’s Japan Sea coast. (Suo Takekuma/Kyodo News via AP) Photo: Suo Takekuma, AP / Kyodo News

Salju tebal menghalangi jalur kereta. (Foto: AP)

Kereta diketahui terhenti sekira satu kilometer (km) dari stasiun tujuan. Badai dan hujan salju hebat memang kerap terjadi dalam beberapa waktu belakangan di Jepang terutama di wilayah utara dan barat. Fenomena alam ini telah berdampak terhadap sistem trasnportasi di Negeri Sakura tersebut.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini