Image

3 Gereja di Cile Diserang Jelang Kunjungan Paus Fransiskus

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 00:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 18 1844332 3-gereja-di-cile-diserang-jelang-kunjungan-paus-fransiskus-RYx8RkGA8g.JPG Spanduk promosi kunjungan Paus Fransiskus ke Cile (Foto: Pablo Sanhueza/Reuters)

SANTIAGO – Rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Cile diganggu oleh serangan vandalisme ke tiga gereja di Ibu Kota Santiago. Ketiga gereja itu diserang dengan bom buatan sendiri hingga mengalami kerusakan kecil. Pelaku juga meninggalkan catatan berisi ancaman terhadap pria asal Argentina itu.

Polisi menerangkan, para pelaku sempat berupaya membakar salah satu gereja tetapi berhasil digagalkan. Tidak kekurangan akal, mereka melemparkan sejumlah pamflet berisi ancaman terhadap Paus Fransiskus yang berencana berkunjung ke Cile pada pekan depan.

“Paus Fransiskus, bom berikutnya ada pada jubah Anda,” bunyi surat ancaman tersebut, mengutip dari Reuters, Sabtu (13/1/2018).

“Anda punya hak untuk protes, tetapi menggunakan kekerasan adalah hal yang berbeda,” tukas Menteri Dalam Negeri Cile, Mahmud Aleuy. Pria berusia 58 tahun itu datang berkunjung ke tiga gereja yang diserang tersebut pada Jumat 12 Januari pagi waktu setempat.

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Cile pada Senin 15 Januari. Sri Paus pertama dari Amerika Latin itu akan memimpin misa di Taman Santiago pada Selasa 16 Januari yang diperkirakan akan dihadiri oleh 500 ribu orang.

Pria bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu juga akan mengunjungi Kota Temuco dan Iquique, di utara Cile sebelum melanjutkan perjalanan ke Peru. Selain ke Ibu Kota Lima, Paus Fransiskus diagendakan menyambangi Puerto Maldonado dan Trujillo.

Aksi protes yang dilakukan oleh warga Cile itu diduga berkaitan dengan sejumlah skandal yang terjadi di Gereja Katolik, salah satunya adalah pelecehan seksual. Diwartakan The Guardian, Paus Fransiskus dikeluhkan warga karena pernah menunjuk seorang uskup yang menutup-nutupi salah satu kasus pedofilia terbesar di Cile pada 2015.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini