Image

Pria Berkursi Roda Berhasil Panjat Gunung Simbol Semangat Hong Kong

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 03:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 18 1844346 pria-berkursi-roda-berhasil-panjat-gunung-simbol-semangat-hong-kong-p1v1xzzo69.JPG Lai Chi-wai tidak menyerah meski kehilangan kakinya akibat kecelakaan mobil (Foto: Reuters)

HONG KONG – Keterbatasan fisik bukan alasan bagi Lai Chi-wai untuk menyerah. Pemanjat tebing profesional Hong Kong itu kehilangan kakinya akibat kecelakaan mobil hingga harus duduk di kursi roda. Namun, hal itu tidak menghentikannya untuk terus memanjat tebing.

Pria berusia 35 tahun itu adalah orang China pertama yang dinominasikan untuk penghargaan Laureus World’s Best Sporting Moment. Penghargaan itu didapat setelah Lai berhasil memanjat Lion Rock setinggi 495 meter di Hong Kong yang menjadi simbol kegigihan, ketahanan, dan kesatuan.

Laureus World Sports Award diberikan kepada olahragawan terbaik setiap tahun dan momen olahraga terbaik setiap bulan. Penghargaan itu dirancang oleh firma Richemont asal Swiss dan produsen mobil asal Jerman, Daimler Chrysler.

Lai gagal mendapatkan penghargaan itu karena kalah dari sebuah video viral yang menunjukkan 70 ribu orang penonton di stadion di Iowa, Amerika Serikat (AS), yang tengah melambaikan tangan kepada anak-anak di rumah sakit terdekat. Meski demikian, ia mengaku terkejut berhasil menjadi nominasi dan berharap kisahnya menginspirasi warga dan atlet China yang memiliki keterbatasan fisik.

“Bagi saya, memanjat puncak tebing itu sudah memenuhi impian pribadi. Itu juga berarti saya bisa menunjukkan kepada teman dan pendukung bahwa saya telah menaklukkan salah satu titik terendah dalam hidup. Meski saya sekarang duduk di kursi roda, saya bisa menantang olahraga lain dan tetap melakukan apa yang saya cintai,” terang Lai Chi-wai, melansir dari Reuters, Sabtu (13/1/2018).

Lai Chi-wai memliki prestasi yang tidak main-main. Ia pernah empat kali menjadi pemenang pada Kejuaraan Panjat Tebing Asia sekaligus pemenang olahraga ekstrem X-Game pertama yang berasal dari China. Lai memanjat Lion Rock pada 9 Desember 2016, menjelang peringatan lima tahun kecelakaan mobil yang merenggut kakinya itu.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini