Image

Pilkada Serentak Segera Digelar, Ada Empat Poin Penting yang Mesti Diperhatikan Paslon

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018, 08:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 337 1843857 pilkada-serentak-segera-digelar-ada-empat-poin-penting-yang-mesti-diperhatikan-paslon-zGuWZ5IUQj.jpg Ilustrasi pemilihan umum. (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA – Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 tidak beberapa lama lagi digelar, seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Para pasangan calon pun diprediksi akan beradu kekuatan serta kemampuan untuk merebut hati rakyat demi mendulang perolehan suara.

Terkait hal itu, pengamat politik Ahmad Bakir Ihsan mengatakan ada empat poin penting yang harus dilakukan calon untuk merebut hati rakyat dalam pilkada serentak tahun ini. Pertama, masing-masing paslon mesti mampu memasarkan track record-nya selama menjadi pejabat publik melalui bahasa yang mudah dipahami dan meyakinkan rakyat.

"Apa saja keberhasilan yang dirasakan masyarakat selama mereka menjadi pejabat publik dan apa yang hendak dikembangkan secara terukur bagi masyarakat," ujarnya kepada Okezone, Jumat (12/1/2018).

(Baca: Enam Potensi Kecurangan di Pilkada 2018 Versi Polri)

Ia melanjutkan, hal-hal tersebut penting, karena secara isu, tema-tema yang akan dimunculkan cenderung seragam dan bersinggungan. Masing-masing partai pengusung dinilai tidak memiliki diferensiasi yang tegas secara ideologis dan platform partai.

"Untuk yang kedua, para calon perlu pendekatan terhadap simpul-simpul masyarakat, baik dalam bentuk organisasi maupun individiu (tokoh), untuk membangun kedekatan emosional dengan anggotanya," tutur dia.

Ia menjelaskan, poin ketiga yaitu mesin partai harus bekerja maksimal. Partai tidak hanya mengusung, tapi harus memastikan tingkat pengenalan masyarakat terhadap calon secara baik melalui kaki tangan partai, termasuk organisasi sayap partai yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Jadi poin yang keempat, bisa memunculkan isu-isu yang bisa merangkul semua lapisan terkait dengan kebutuhan mendesak yang dihadapi masyarakat," tutupnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini