5 Kasus Narkoba Menyita Perhatian, Nomor 4 Beromzet Rp150 Miliar per Bulan

Aisyah Minerva Puspasari, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 16:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 337 1844157 5-kasus-narkoba-menyita-perhatian-nomor-4-beromzet-rp150-miliar-per-bulan-nfvbAWezWg.jpg Ilustrasi.

JAKARTA - Kasus penyalahgunaan narkoba kian marak dari tahun ke tahun. Menurut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis, ada 5.333 kasus di 2016. Sementara di 2017 meningkat jadi 6.087 kasus.

Berikut sejumlah kasus narkoba antara 2017-2018:

1. Penyelundupan 1 Ton Sabu

Aparat kepolisian berhasil menggagalkan penyelundupan sabu seberat 1 ton di Anyer, Banten. Diketahui pengungkapan sabu yang rencananya akan diedarkan di Jakarta ini merupakan yang terbesar dalam sejarah penindakan narkoba di Indonesia.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan mengungkapkan bahwa anggotanya sudah melakukan pengintaian sebelum penggerebekan penyelundupan 1 ton asal Taiwan di Hotel Mandalika, Anyer, Kabupaten Serang.

(Baca juga: 1 Ton Sabu di Banten Berasal dari Taiwan, Diselundupkan Lewat Laut)

"Ini pengembangan dari Jakarta, sudah kami ikuti 2 bulan yang lalu. Jadi, anggota saya sudah ada di sini dua bulan yang lalu," kata Iriawan kepada wartawan di lokasi, Kamis 13 Juli 2017.

2. Sabu 3 Kg di Lapas

Jelang tahun baru 2018, anggota satuan narkoba Polres Jakarta Utara berhasil mengamankan narkotika jenis sabu sebanyak 3,047 kilogram dan 48,800 kilogram ganja yang berasal dari Aceh. Selain mengamankan barang haram itu, polisi juga menangkap delapan pelaku pengedar sabu dan ganja tersebut.

Kapolres Jakarta Utara, Kombes Reza Arief Dewanto mengatakan, pihaknya telah menangkap delapan pelaku berinisial LS, EA, PN, RK, SS, pengedar sabu, dan RA, SF, TH pengedar ganja. Pengungkapan tersebut, hanya dalam kurun waktu 10 hari.

(Baca juga: Jelang Tahun Baru, Polisi Amankan Sabu 3 Kg dari Jaringan Lapas)

"Jadi barang bukti narkotika yang kami amankan yaitu 3,047 kg sabu, 48,800 kg ganja dan uang hasil transaksi Rp50.000.000. Dan barang tersebut akan diperjualbelikan saat malam tahun baru," ujar Reza di Mapolres Jakarta Utara, Sabtu 30 Desember 2017.

3. Diskotek Tempat Pembuatan Sabu Cair

Sebuah diskotek di Jakarta Barat digerebek pada Minggu 17 Desember dini hari. Setidaknya 120 orang terindikasi positif sabu-sabu diamankan dalam penggerebekan ini. Razia diskotek MG yang berlokasi di Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat ini sekaligus menguak modus peredaran sabu-sabu cair yang dikemas ke botol air mineral.

(Baca juga: Menyerahkan Diri, Ini Pengakuan Peracik Narkoba Cair Diskotek MG)

Sebuah laboratorium yang dilengkapi dengan prekursor untuk membuat narkotik didapati di diskotek ini. Sabu cair yang mengandung zat psikotropik metamphetamine ini dikemas dalam botol air mineral dan dihargai Rp400 ribu per botol.

4. Pabrik Ekstasi Beromzet Rp150 Miliar per Bulan

Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Bekasi menggeledah pabrik narkoba di kawasan Griya Sukmajaya, Blok A Nomor 6A, Sukmajaya, Kota Depok, Jumat 29 Desember 2017. Dalam sehari, industri narkoba rumahan ini mampu menghasilkan 10 ribu butir ekstasi kelas wahid dengan harga jual Rp500 ribu per butir di tempat hiburan malam. Omzet bisnis haram ini bisa mencapai Rp150 miliar per bulan.

(Baca juga: Polisi Geledah Pabrik Ekstasi Rumahan di Depok Beromzet Rp150 Miliar Per Bulan)

Penggeledahan yang dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Reserse Narkoba Polrestro Bekasi, AKBP Ahmad Fanani itu mendapatkan pengamanan dari polisi bersenjata lengkap. Saat polisi memasuki rumah tersebut tampak tak ada yang mencolok. Namun, saat Fanani mengajak ke lantai dua, ditemukan sejumlah bahan kimia dan alat produksi narkoba di dalam kamar.

5. Penyelundupan 1,9 kg Sabu di Bandara

Penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 1,9 kg di Bandara Internasional Adi Soemarmo, berhasil digagalkan oleh pihak Bea Cukai Solo, Jawa Tengah.

Barang tersebut dibawa terpisah oleh dua orang wanita. Pertama, dibawa seorang wanita, S (25) yang berangkat dari Kuala Lumpur-Solo dengan pesawat Air Asia.

(Baca juga: Dua TKW Ilegal dari Malaysia Bawa 1,9 Kg Sabu ke Indonesia)

dan satu lagi seorang wanita, A (21) juga diketahui menumpang pesawat dan rute yang sama sambil membawa 972 gram sabu.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini