Image

JK: Muslim Indonesia Lebih Baik dari Muslim Timur Tengah dan Asia Selatan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018, 17:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 337 1844190 jk-muslim-indonesia-lebih-baik-dari-muslim-timur-tengah-dan-asia-selatan-8zBDNKx3Rd.jpg Wapres JK saat melaksanakan ibadah salat. (Foto: Antara)

JAKARTA - Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan, jumlah masjid di Indonesia merupakan yang terbanyak di dunia. Jumlahnya diperkirakan sekitar 900.000.

"Mungkin sudah mendekati 900.000. Tentunya disebabkan karena penduduk Muslim Indonesia terbanyak di dunia," kata JK di acara pengukuhan Pengurus DMI, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2018). JK meminta agar masjid yang ada di Indonesia haruslah dimakmurkan.

JK juga menyinggung soal suasana keagamaan di Indonesia yang dinilai sangat baik ketimbang di negara lain. "Kita juga sangat bersyukur bahwa keadaan masyarakat Muslim Indonesia jauh lebih baik dari negara lain. Kita bukan Islam di Timur Tengah yang konflik satu sama lain, bukan Islam di Asia Selatan yang selalu konflik dan penuh pertentangan," jelasnya.

(Baca juga: Budi Gunawan Jadi Wakil Ketua Majelis Pakar Dewan Masjid Indonesia)

"Alhamdulillah di Indonesia muslim moderat, washatiyah (tengah-tengah), penuh khidmat dan penuh persaudaraan," sambung JK.

JK mengungkapkan, masjid di Indonesia dibangun dan dimakmurkan oleh masyarakat secara gotong royong. Hal ini berbeda dengan masjid di negara lain yang justru diurus oleh pegawai negara.

"Masjid di Indonesia berbeda dengan masjid negara lain. Hanya dua negara di dunia ini yang sebagian besar masjidnya dibangun oleh masyarakat, dijalankan dan dimakmurkan oleh masyarakat. Hanya Indonesia dan Pakistan. Di negara lain di Timur Tengah, Malaysia, Brunei, Afrika, pengurus masjidnya merupakan pegawai pemerintah. Kita alhamdulillah merupakan inisiatif masyarakat," tutupnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini