Image

JK Tegaskan Masjid Tak Boleh Jadi Tempat Kegiatan Politik di Pilkada Serentak

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018, 17:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 337 1844208 jk-tegaskan-masjid-tak-boleh-jadi-tempat-kegiatan-politik-di-pilkada-serentak-AFmxKv0Mm9.JPG Wapres JK.

JAKARTA - Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) sekaligus Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengingatkan, masjid tidak boleh digunakan untuk kegiatan politik, semisal kampanye dan sebagainya.

"Tidak boleh, tempat ibadah, sekolah, kan enggak boleh. Itu diatur Undang-Undang lho," kata JK usai mengukuhkan pengurus PP DMI di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2018).

Wapres JK meyakini Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019 akan berjalan aman dan damai. Saat ini, tahapan pesta demokrasi itu telah dimulai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan menerima pendaftaran calon kepada daerah.

"Setiap lima tahun itu tahun politik, biasa saja," kata JK

"Bahkan dulu hampir tiap Minggu ada Pilkada, jadi biasa saja, saya yakin aman," sambung JK.

(Baca juga: JK: Muslim Indonesia Lebih Baik dari Muslim Timur Tengah dan Asia Selatan)

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berpesan agar calon kepala daerah mencerminkan karakter-karakter yang penuh dengan kesantunan, tidak saling menjelekkan, dan tidak saling mencela.

"Karakter-karakter itu yang perlu terus kita tumbuhkan, antarkandidat juga jangan sampai saling mencela, jangan saling menjelekkan. Apalagi memakai black campaign, kampanye hitam harus betul-betul kita hilangkan dari proses-proses demokrasi kita," ujarnya usai memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Kupang, NTT dari keterangan resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin‎, Senin 8 Januari 2018.

Lebih lanjut, Kepala Negara mempersilakan para calon untuk bersaing secara sehat agar pilkada berlangsung aman dan damai. Pesta demokrasi lima tahunan ini diharapkan menjadi ajang adu prestasi, gagasan hingga program.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini