Image

Pakai Perahu Motor, Sindikat Ini Selundupkan 40 Kg Sabu dari Malaysia ke Aceh

Badriyanto, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018, 12:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 340 1843955 pakai-perahu-motor-sindikat-ini-selundupkan-40-kg-sabu-dari-malaysia-ke-aceh-7BsxaXHXuv.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Bea Cukai mengggagalkan peredaran 40 kilogram narkoba jenis sabu-sabu di Aceh. Empat sindikat yakni Ramli, Amri, Junaidi dan Syaifinur itu diringkus dalam operasi selama dua hari berturut-turut.

Deputi Penindakan BNN, Irjen Arman Depari menyampaikan, empat tersangka ditangkap di dua lokasi yang berbeda. Tersangka Ramli diamankan di Bagok Panah, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur pada Rabu 10 Januari 2018. Ikut disita 30 Kg sabu.

Kesokan harinya, dari hasil pengembangan tim bergerak lagi menangkap Amri, Junaidi dan Syaifinur di Alur Sungai, Bantayan, Kecamatan Nurusalam, Aceh Timur. Dari mereka disita 10 Kg sabu-sabu.

"Total barang bukti narkotika jenis sabu yang disita sebanyak 40 kilogram dengan empat tersangka. Penangkapan pertama 30 kilogram, tempat kedua 10 kilogram sabu," kata Arman Depari dalam keteranganya diterima Okezone, Jumat (12/1/2018).

Barang haram asal Penang Malaysia tersebut diselundupkan ke Aceh menggunakan perahu motor atau spead boat lewat jalur laut. Sabu kristal itu kemudian dibagi menjadi dua paket, 30 kilogram dibawa Ramli, sedangkan sisanya masih dalam spead boat alias belum didistribusikan.

"Ramli ditangkap anggota BNN, pada saat itu di temukan barang bukti disembunyikan dengan cara dikubur atau ditanam diperkarangan rumah. Sedangkan sisanya 10 kilogram ditemukan di spead boat," tuturnya.

Atas penangkapa Ramli itu kemudian dilakukan pengejaran kepada tiga tersangka lainnya yang diduga kuat sebagai pengendali dalam penyelundupan sabu terseburt. Saat ini semua tersangka dan barang bukti sudah diamankan di BNNK Langsa untuk dilanjutkan penyidikannya.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini