Polisi Sita Ratusan Liter Madu Ilegal di Pintu Masuk Bali

Nurul Hikmah, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 21:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 340 1844364 polisi-sita-ratusan-liter-madu-ilegal-di-pintu-masuk-bali-EDmYRRDbJe.jpg Madu ilegal. (Foto: Nurul H/Okezone)

JEMBRANA - Lagi-lagi polisi menyita barang ilegal. Kali ini Polsek Kawasan Laut Gilimanuk, Jembrana mengamankan madu 350 liter, Jumat (12/1/2018).

Ratusan liter madu yang dimasukkan dalam jeriken itu dibawa dari Malang menuju Denpasar oleh Sudarman (47), asal Probolinggo, Jawa Timur yang diangkut dengan truk box ekspedisi Mitsubishi, dengan nomor polisi DK 9580 GH.

Kanit Reskrim Polsek Kawasan Laut Gilimanuk AKP I Komang Muliyadi mengatakan, ada 10 jeriken warna biru berisi madu lebah. Saat diperiksa, pengemudinya tidak mampu menunjukan dokumen sertifikasi kesehatan karantina asal barang tersebut.

(Baca juga: Polda Kalteng dan BPOM Sita Puluhan Ribu Botol Jamu Ilegal)

"Karena tidak dilengkapi dokumen sertifikasi kesehatan dari karantina asal, maka barang bukti, berikut kendaraan dan pengemudinya kami amankan di Mapolsek,” katanya.

Dia menjelaskan, pengiriman 350 Kg madu lebah tersebut melanggar Pasal 6 UU RI No. 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

"Untuk proses selanjutnya kita koordinasikan dengam pihak karantina. Saat ini barang bukti dan sopirnya kami amankan," pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini