Senja Kala Metromini, Bus Oranye yang Pernah Merajai Jalanan Jakarta

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 10:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 13 15 1844430 senja-kala-metromini-bus-oranye-yang-pernah-merajai-jalanan-jakarta-ZgoAhdx0Dx.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Siapa pun yang pernah ke Jakarta, pasti ingat bus oranye Metromini. Angkutan umum yang dulu merajai jalanan Ibu Kota.

Bus ini sejak dulu telah menjadi penghubung warga DKI dari mana pun di sudut Jakarta. Misalnya menghubungkan warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan ke kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Namun kini bus tersebut sudah dalam senja kala, sebab generasi penerusnya telah tiba, yakni Minitrans.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau bus non jalur bus khusus atau bus regular saat diluncurkan di Jakarta pada Kamis lalu.

PT Transjakarta meluncurkan bus non jalur bus khusus atau bus regular yakni Metrotrans, Minitrans, dan armada untuk JR Connexion dan JA Connexion guna mengurai kemacetan di ibu kota.

Telah ditetapkan pula bahwa pemilik Metromini yang sudah habis izin trayeknya, maka tak diperpanjang lagi. Bagi yang ingin lanjut, pengusaha Metromini dipersilahkan untuk membeli bus minitrans di luar pengadaan PT Transportasi Jakarta.

"Silakan beli sendiri. Sebanyak300 unit bus minitrans yang dibeli PT Transportasi Jakarta bisa dialihkan ke peminat lainnya. Jadi semakin cepat revitalisasi angkutan bus sedang," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah.

Terlebih, kondisi Metromini yang tidak layak harus dilenyapkan pada 2018 dan harus segera diremajakan sesuai Perda 5/2014 tentang Transportasi. Untuk itu, lanjut Andri, apabila memang pengusaha Metromini atau bus sedang lainnya mempermasalahkan hal tersebut, Dinas Perhubungan mempersilakan mereka membeli bus sendiri.

Terpenting, spesifikasi dan kondisinya sama seperti minitrans yang sudah diadakan oleh PT Transportasi Jakarta.

[Baca Juga: Setelah Xpander Jadi Korban, Giliran Toyota Alphard Dijadikan Metro Mini?]

 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini