Image

Bongkar Habis Fitur-Fitur All New Terios, Lebih Unggul dari Merek Lain?

Arief Setyadi , Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 16:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 13 15 1844500 bongkar-habis-fitur-fitur-all-new-terios-lebih-unggul-dari-merek-lain-mZuplQgRI7.jpeg Foto: Arif Setyadi/Okezone

PADANG - Mobil All New Terios 7 seater tampil dengan desain baru. Bukan hanya dari eksterior yang betul-betul berbeda dari generasi sebelumnya, tapi juga dari interior yang menawarkan berbagai keunggulannya.

Dari interior, pada bagian dashboard nuansa hitam dan putih All New Terios tampak mewah dengan balutan kulit pada setir dan shift knob atau persneling, tapi ini hanya ada di tipe R.

Di bagian itu juga terlihat perpaduan warna krem cenderung putih yang dari jauh akan terlihat seperti kulit, dan itu menambah kemewahan.

Di All New Terios juga disematkan new meter cluster with Multi Information Display (MID). Selain itu, mobil ini juga menggunakan News Start Stop Button, yang memudahkan untuk menyalakan dan mematikan mesin mobil.

 

Bagian jok yang didesain sporty dan pattern sudah tilt steering, sehingga ketinggian setir mobil bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi. Ada pula Driver Seat Heigth Adjuster untuk tipe R, yang membantu menyetel posisi ketinggian tempat duduk.

 [Baca Juga: Sensasi Taklukkan Puncak Mandeh dari Balik Kemudi All New Terios]

Kamera 360 derajat atau view around monitor, ini salah satu yang ditawarkan All New Terios pada sektor keamanan ketika hendak parkir. Pengemudi bisa melihat semua area bagian luar mobil karena ada empat kamera.

Kamera diletakkan di bagian spion kanan kiri dan bemper depan belakang. Fitur ini sedianya seperti yang dimiliki Nissan X-Trail. Kamera akan beroperasi otomatis ketika transmisi dipindahkan ke posisi R atau mundur.

"View gambarnya dibagi dua, sebelah kanannya mundur sebelah kiri 360 derajat. Untuk tampilan sebelah kanan bisa di-switch ke tampilan gambar kamera sebelah kiri. Tinggal tekan tombol saja, jadi kamera belakang dipindahkan ke kiri saja," ujar Product 1 and 2 Dept Head Marketing Product Planning Division PT ADM, Priyo Wisaksono di sela-sela Journalist Test Drive Padang West Sumatera 11-12 Januari 2018.

Spion tengah anti-glare inner mirror, yang bisa diatur day/nigth view yang dapat membuat nyaman melihat ke belakang. Pada spion kanan kiri mobil juga sudah dengan sistem elektrik.

Pada pintu pengemudi, ada speed sensing auto door lock, untuk memastikan pintu terkunci sehingga menambah fitur keamanan.

Bergeser ke bagian head unit, All New Terios memanjakan penggunanya dengan dilengkapi Advance Audio System (R All), yang dilengkapi dengan enam mild speaker dan dua tweeter hingga bagian belakang, sehingga kualitas suara lebih mantap untuk seluruh penumpang.

Kontrol audio juga ada di bagian setir, audio and phone handsfree steering switch (R All). Pada bagian pendingin, mobil ini sudah menggunakan new digital audia AC (R All) untuk mengatur suhu ruang kabin.

Pindah ke baris kedua. Seperti pada mobil umumnya, terdapat door pocket, seat back pocket, serta back seat holder. Selain itu, ada juga terdapat sumber pengisian baterai gadget yang terdapat di setiap baris penumpang, khusus tipe R.

Pada sektor keamanan, dilengkapi stabilizer Vehicle Stability Control (VSC) membuat mobil lebih stabil ketika bermanuver. Sistem pengereman anti-lock brake system (ABS).

SUV ini juga memiliki electronic brake force distribution (EBD), emergency stop signal (ESS), front sensor, serta kamera 360 derajat khusus parkir.

[Baca Juga: Manuver Daihatsu Pasarkan Terios, Diskon Model Lama & Tak Naikkan Harga Varian Terbaru]

Ada pula penerapan fitur new Hill-Start Assist (HSA) yang membuat mobil tertahan beberapa detik saat berhenti di tanjakan, sehingga memberikan ruang waktu pengemudi injak pedal gas tanpa mobilnya mundur.

All New Terois yang baru diluncurkan pada November 2017 ini, menyematkan mesin 2NR-VE 1.5 L. Mesinnnya sama dengan keluaran 'kembarannya' Toyota All New Rush, yang sebelumnya digunakan keluaran Xenia dan Avanza versi terakhir.

Akselerasi mobil ini diakui Astra Daihatsu Motor (ADM) kalah dari generasi Terios sebelumnya. Namun, dari segi efisiensi bahan bakar, mobil ini dipastikan lebih irit. Bahkan, diklaim lebih unggul dari merek lain.

"Power-nya memang lebih turun dari Terios lama. Tapi lebih baik dibanding brand lain," kata Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

 

All New Terios tanpa konde ini terlihat stylish dan sporty eksteriornya, terutama pada tipe R Deluxe. Di bagian depan, menggunakan new front aerokit yang didesain lebih kokoh dan dinamis.

Sistem penerangan juga sudah LED headlamp, disertai dengan auto on headlamp yang lebih aman karena akan menyala otomatis ketika kondisi gelap. Penerapan foglamp dengan chrome garnish membuatnya terlihat lebih mewah.

Masih di bagian depan, penggunaan chroe front grille membuatnya semakin berkarakter. Dari samping, aksen chrome pada bagian samping jendela ikut menambah aksen mewahnya.

Pada bagian atas terdapat roof rail yang sportif mengikuti tren otomotif zaman now. Terdapat pula new shark fin antenna, serta duck spoiler yang semakin membuatnya lebih sporty.

Melihat bagian belakang, bemper dibuat dengan paduan dua warna yang membuatnya semakin kokoh. Pada lampu belakang ada juga new LED Rear Combination Lamp+LED Trail Lamp.

 

Adapun ban cadangan terdapat di bagian bawah bodi belakang mengikuti tren mobil SUV saat ini. Ban menggunakan velg 17, lebih besar dan membuatnya terlihat semakin gagah.

[Baca Juga: Sensasi Taklukkan Puncak Mandeh dari Balik Kemudi All New Terios]

All New Terios ini terdiri dari tujuh varian yang beberapa di antaranya turun harga. Varian tersebut terdiri dari tipe 1.5 X MT Rp195,2 juta (harga tetap), tipe 1.5 X MT Deluxe Rp205,2 juta (turun Rp300.000), tipe 1.5 X AT Deluxe Rp215,2 juta (turun Rp1,15 juta).

Kemudian, untuk tipe 1.5 R MT Rp227,9 juta (harga tetap), tipe 1.5 R AT Rp237,9 juta (turun Rp4,3 juta), tipe 1.5 R MT Deluxe Rp237,9 juta (turun Rp200.000), terakhir tipe 1.5 R AT Deluxe Rp247,9 juta (turun Rp4,1 juta).

Untuk varian warna sendiri terdiri dari enam pilihan. Yakni Icy White, Midnigth Black Metallic, Classic Silver Metallic, Scarlet Red Metallic, Bronze Metallic, Purple Metallic.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini