Angkatan Laut Mesir Tembak Mati Seorang Nelayan Palestina

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 05:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 13 18 1844564 angkatan-laut-mesir-tembak-mati-seorang-nelayan-palestina-FmWZsLRkF4.jpg Wilayah perairan perbatasan Palestina dan Mesir. (Foto: Jerussalem Post)

GAZA - Angkatan laut Mesir dilaporkan menembak mati seorang nelayan Palestina. Berdasarkan Juru Bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al-Qidra. penembakan tersebut terjadi pada Jumat 12 Januari di wilayah perairan di dekat kota perbatasan selatan Rafah.

Sayangnya tak jelas apakah nelayan tersebut tengah berusaha menyeberang ke wilayah Mesir atau murni tengah mencari ikan. Namun, pihak angkatan laut Mesir bersikeras jika anggotanya melepaskan tembakan ke arah nelayan tersebut karena ia mencoba menyeberangi perbatasan maritim.

BACA JUGA: Perwira Intelijen Mesir Kedapatan Menghasut Dukungan untuk Israel Terkait Yerusalem

Sebagaimana dilansir dari Reuters, Minggu (13/1/2018), nelayan dari Gaza sendiri memang kerap mencari ikan di dekat wilayah perairan yang berbatasan dengan Mesir. Hal ini terjadi lantaran, Pemerintah Israel telah membangun blokade laut yang membuat lahan pencarian nelayan menyempit.

Seorang nelayan dari Gaza yang tak disebutkan namanya menuturkan, bahwa kini zona penangkapan ikan sangat terbatas dan tidak cukup besar untuk memenuhi kebutuhan ikan bagi sekira 2 juta orang. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, belum ada pejabat Mesir yang mau memberi keterangan resmi terkait insiden ini.

BACA JUGA: Mesir Kirim Wakil ke Jalur Gaza untuk Awasi Kesepakatan Rujuk Palestina

Baik Israel atau Mesir diketahui menjaga perbatasan mereka dengan sangat ketat. Hal ini dilakukan mengingat karena wilayah Gaza dikuasai oleh kelompok Hamas yang disebut sebagai sebuah kelompok teroris di negara-negara Barat. Mesir mengaku menjaga ketat perbatasan dengan Palestina atas alasan keamanan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini