Image

Seekor Sapi Picu Kekacauan di Bandara India

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018, 09:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 13 18 1844573 seekor-sapi-picu-kekacauan-di-bandara-india-N65mqXO6X8.jpg Ilustrasi. Sapi di bandara. (Foto: Gulf Today)

GUJARAT - Seekor sapi dilaporkan berhasil menciptakan kekacauan di Bandara Ahmedabad, Gujarat, India. Tak hanya itu, sapi tersebut bahkan berhasil membuat beberapa penerbangan dialihkan dan membuat operasi bandara terganggu.

Sapi itu tanpa disadari berhasil menyusup ke dalam wilayah bandara melalui gerbang kargo yang dekat dengan landasan pacu. Para petugas bandara yang menyadari kehadiran hewan pemamah biak lantas terpaksa terlibat aksi kejar-kejaran dengan si sapi pemberani tersebut.

BACA JUGA: Gara-Gara Seekor Anjing Lepas, Landasan Pacu Bandara di Jepang Ditutup Sementara

Sebagaimana dilansir dari The Star, Minggu (14/1/2018), penerbangan yang terganggu yaitu penerbangan dari sebuah pesawat dari maskpai asal Abu Dhabi dan sebuah pesawat kargo. Kedua penerbangan itu harus dialihkan ke Mumbai setelah salah satu pesawat menyadari keberadaan si sapi yang 'menguasai' landasan pacu.

Sedikitnya terdapat lima kedatangan pesawat tujuan domestik yang terganggu. Selain itu, beberapa keberangkatan juga tertunda. Seorang sumber menuturkan, penjaga keamanan bandara dan petugas pemadam kebakaran berjuang lebih dari 90 menit untuk menjauhkan hewan berkaki empat itu dari landasan pacu.

Terganggunya aktivitas bandara akibat ulah hewan bukan pertamakalinya terjadi di India. Sebelumnya, Bandara Internasional Sardar Vallabhbhai dan bandara India lainnya juga mengalami gangguan yang sama dari hewan yang berbeda.

BACA JUGA: Gara-Gara Pilot Bawa Pistol, Penerbangan Maskapai AS Tertunda 45 Menit

Pada Februari tahun lalu, sebuah penerbangan IndiGo di Ahmedabad tertunda di jalur lepas landas karena kelinci yang menguasai landasan pacu. Dan pada November 2016, sebuah pesawat batal take-off atau lepas landas karena terdapat sekelompok monyet yang meghalangi jalur.

Menyusul insiden ini, Otoritas Bandara India telah memerintahkan penyelidikan bagaimana sapi tersebut bisa masuk ke wilayah badara.

"Direktur bandara Ahmedabad sudah diminta menyelidiki insiden ini yang diduga kuat dipicu oleh kelalaian manusia. Petunjuk telah ditemukan untuk selanjutnya mengambil langkah-langkah pencegahan agar kejadian semacam itu tidak terjadi di masa depan," terang juru bicara Otoritas Bandara India.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini