Image

Delapan Jam Calon Kepala Daerah di Bali Menjalani Tes Rohani

Nurul Hikmah, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 10:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 13 340 1844436 delapan-jam-calon-kepala-daerah-di-bali-menjalani-tes-rohani-horS9d9dMN.jpg Para calon kepala daerah di Bali tes kerohanian. (Foto: Nurul Hikmah/Okezone)

DENPASAR – Calon kepala daerah seperti calon gubernur dan wakil gubernur Bali, calon bupati dan wakil bupati Gianyar serta Klungkung hari ini menjalani tes rohani di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bali, Denpasar. Sekira pukul 07.30 Wita para calon kepala daerah ini datang ke Kantor KPUD.

Pertama kali datang yaitu Nyoman Suwirta, calon Bupati Klungkung yang diusung dari Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Gerindra, yang disandingkan dengan Made Kasta.

Disusul cagub Bali Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra yang berpasangan dengan I Ketut Sudikerta. Mereka telah diusung dari Koalisi Rakyat Bali.

Kemudian cagub dan wagub Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. Keduanya diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

(Baca: Galang Dukungan Hadapi Pilgub Bali, Rai Mantra Kunjungi Sesepuh Buleleng)

Masih dari PDIP juga, hadir pasangan calon bupati dan wakil bupati Klungkung yaitu Tjokorda Bagus Oka serta Ketut Mandia.

Tidak hanya dari calon bupati klungkung, ada juga calon bupati Gianyar I Made Mahayastra dan calon wakil bupati Anak Agung Gde Mayun yang diusung PDIP.

Lalu ada Tjokorda Raka Kerthiyasa dan Pande Maharani dari Koalisi Gianyar Bangkit (KGB). Sebelum menjalani tes rohani atau psikologi, mereka berkumpul di satu ruangan.

Anggota KPUD Bali Ni wayan Widiastuti mengatakan, hari ini ada tes psikologi yang satu rangkaian dengan tes kesehatan dan jasmani.

"Hari ini cagub dan cawagub, cabup dan cawabup menjalani tes rohani atau psikologi. Waktu estimasinya sekitar tujuh sampai delapan jam," katanya, Sabtu (13/1/2018).

Ia menjelaskan, tes kesehatan dan narkoba sudah dilakukan di Rumah Sakit Sanglah Denpasar.

Ruangan tes cagub dan wagub Bali serta cabup dan wabup dipisah. Cabup dan wabup menjalani pemeriksaan di ruangan lantai 2, sedangkan cagub dan wagub Bali dites di lantai 1.

"Tesnya ada tulis dan wawancara. Itu semuanya ada ruangnya masing-masing. Untuk tes ini, kami bekerja sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia," ujarnya.

Ia menerangkan, untuk hasil tesnya sendiri akan digabungkan dengan pemeriksaan yang sebelumnya. "Di sini kami nanti akan menerima kesimpulan saja," pungkasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini