Image

Guru Besar Undip Prof Darmanto Jatman Meninggal Dunia

Taufik Budi, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 22:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 13 65 1844603 guru-besar-undip-prof-darmanto-jatman-meninggal-dunia-yXzrWZRFmO.jpg ilustrasi

SEMARANG – Guru Besar Emeritus Universitas Diponegoro (Undip), Profesor Darmanto Jatman, meninggal dunia setelah menjalani perawatan medis di RSUP dr Kariadi Semarang. Dia mengembuskan napas terakhir pada Sabtu 13 Januari 2018, sekira pukul 17.00 WIB.

"Prof Darmanto meninggal hari ini di RS Kariadi karena sakit. Dikabarkan beliau sakit stroke sudah lama. Kemudian masuk rumah sakit sejak 3 Januari 2018 karena kondisi drop, ada infeksi kandung kemih," kata Humas Undip, Nuswantoro, Sabtu (13/1/2018).

Dia menambahkan, sebelumnya almarhum mengajar di Fakultas Psikologi untuk mata kuliah Psikologi Sosial. Almarhum juga mengajar di Fakultas FISIP dan Fakultas Ilmu Budaya Undip.

"Pak Darmanto dulu perintis dan pendiri Prodi Psikologi Undip. Beliau adalah kepala prodi pertama. Beliau adalah guru besar pertama dari Fakultas Psikologi Undip," lanjutnya.

Darmanto Jatman meninggal pada usia 75 tahun. Dia tak hanya sebagai akademisi, tetapi juga dikenal sebagai sastrawan dan budayawan. Bahkan, almarhum menurunkan darah seninya kepada anak-anaknya, yaitu Omi Intan Naomi (penyair wanita angkatan 2000 versi Korrie Layun Rampan), Abigael Wohing Ati, Bunga Jeruk Permata Pekerti, Aryaning Aryo Krishna, dan Gautama Jatining Sesami.

 

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini