nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wajah Paus Fransiskus Terkena Lemparan Topi Saat Berkunjung ke Cile

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 12:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 18 18 1846713 wajah-paus-fransiskus-terkena-lemparan-topi-saat-berkunjung-ke-cile-dXlXbeGfM7.jpg Foto: Twitter

SANTIAGO – Paus Fransiskus terkena lemparan benda yang diduga sejenis topi saat menyapa kerumunan massa di Santiago, Chile pada hari pertama turnya ke Amerika Selatan. Dari rekaman video terlihat pria berusia 81 tahun itu terkena lemparan di bagian kiri wajahnya namun tampaknya tidak terluka dan tetap tersenyum dan melambaikan tangannya seperti tidak terjadi apa-apa.

BACA JUGA: Temui Korban Pelecehan Seksual di Cile, Paus Fransiskus Sampaikan Permintaan Maaf

Kunjungan Paus Fransiskus ke Chile diwarnai dengan aksi unjuk rasa dan kekerasan. Warga Chile sepertinya masih kecewa pada Paus Fransiskus terkait penunjukan Uskup Juan Barros yang diduga terlibat menutupi skandal pelecehan seksual terhadap anak-anak, untuk mengepalai sebuah keuskupan kecil di Osorno, selatan Cile.    

Pihak keamanan menangkap setidaknya 30 orang di Kota Concepcion setelah para demonstran turun ke jalan dan bentrok dengan polisi anti huru-hara. Unjuk rasa itu digelar karena Pemerintah Cile dituduh tidak menampilkan keadaan negara yang sebenarnya kepada Sri Paus.

“Kami tidak menentang kunjungan Paus. Kami menentang citra yang ingin ditampilkan pejabat eksekutif bahwa di sini semuanya baik-baik saja, yang keliru,” kata Juru Bicara Demonstran, Claudio Melgarejo, sebagaimana dilansir Express, Kamis (18/1/2018).

BACA JUGA: 3 Gereja di Cile Diserang Jelang Kunjungan Paus Fransiskus

Unjuk rasa itu terjadi menyusul serangkaian serangan terhadap gereja dan komunitas Katolik di Cile yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Tiga dari serangan tersebut bahkan menimbulkan kerusakan parah pada fasad dan gerbang gereja.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini