nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pramuka Indonesia Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Palestina dan Suriah di Yordania

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 16:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 18 18 1846960 pramuka-indonesia-salurkan-bantuan-untuk-pengungsi-palestina-dan-suriah-di-yordania-bUOmxDkHaM.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA – Pramuka Indonesia mendistribusikan bantuan untuk para pengungsi Suriah dan Palestina yang berada di Yordania pada 16 dan 17 Januari. Pengungsi yang mendapatkan bantuan tersebut berada di kamp-kamp di Kota Albayt, Provinsi Mafraq. Pemberian bantuan tersebut dipimpin oleh Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Eko Sulistio.

"Akhirnya Pramuka Indonesia berhasil mendistribusikan bantuan bersama rekan-rekan HPMI (Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Yordania)," ujar Eko Sulistio, Kamis (18/1/2018).

Menurut rilis yang diterima Okezone, pendistribusian bantuan tersebut dibantu oleh KBRI Amman. Pramuka Indonesia mendapatkan bantuan akses sehingga bisa masuk dan mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Suriah dan Palestina.

Para pengungsi mendapatkan bantuan berupa satu ekor domba, 500 bungkus roti gandum, 50 paket sembako berupa beras, gula, teh, mi instan, kacang-kacangan, dan minyak goreng. Tak hanya sembako, para pengungsi juga mendapatkan keperluan bayi yaitu popok bayi, susu balita, biskuit, susu kotak, dan cokelat.

“Perlu diketahui khalayak ramai, pengungsi-pengungsi Palestina atau penampungan-penampungan orang Palestina yang paling banyak di Yordania. Jadi, kalau kita masuk Palestina susah karena penjagaan dan aturan ketat dari pihak keamanan Israel,” jelas Eko.

Suhu ekstrem memengaruhi kinerja relawan dalam mendistribusikan bantuan. Jarak dari kamp pengungsian ke Suriah sekira 14 km atau 10 menit bila ditempuh dengan jalan kaki.

Keberhasilan Eko dan Pramuka Indonesia untuk membantu para pengungsi Palestina diapresiasi oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

“Di Gerakan Pramuka, Kak Eko dikenal selalu turun untuk aksi lingkungan dan kemanusiaan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Doa saya untuk Kak Eko semoga misi kemanusiaan untuk Palestina bisa berjalan dengan lancar," ucap Adhyaksa Dault.

Pramuka Indonesia pernah mendatangi Rakhine State, Myanmar, untuk mendistribusikan bantuan kepada Rohingya. Kwarnas sudah beberapa kali menyalurkan bantuan sebelum aksi kekerasan terhadap Rohingya mencuat di media.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini