nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Museum di Turki Gelar Festival Film Bertemakan Kucing

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 14:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 19 18 1847375 museum-di-turki-gelar-festival-film-bertemakan-kucing-jEh3ZkoqVs.jpg

ISTANBUL - Sebuah festival film yang didedikasikan untuk kucing digelar di Istanbul, Turki. Festival tersebut dapat membangkitkan emosi yang mendalam bagi pencinta film terhadap kucing dalam beragam budaya.

Festival film ini digelar pada 12 Januari di Museum Pera, Istanbul dengan tema ‘Meow! Apakah Kucing Menggigit Lidah Anda?’. Sembilan film dari Prancis, Jerman, Austria, Jepang, Turki, dan Amerika Serikat berpartisipasi dalam festival tersebut.

“Studio film permanen di Museum Pera, Pera Film, dalam pertunjukan pertamanya tahun ini, memberi penghormatan kepada makhluk fenomenal: kucing," kata Fatma Colakoglu, kurator film dan video Pera Film, dilansir Xinhua, Jumat (19/1/2018).

"Kami memilih kucing sebagai tema kami karena kami menyadari bahwa kucing memiliki sifat yang berbeda dan semakin banyak film di seluruh dunia memilih kucing sebagai karakter utama atau sebagai karakter pendukung penting," tambah Colakaglu.

Colakaglu mengatakan bahwa daya tarik acara tersebut dapat melampaui ekspektasi masyarakat dan didorong oleh kepekaan yang terus meningkat di antara masyarakat terhadap kesejahteraan kucing jalanan. Selain itu, dalam pandangan Colakoglu, penduduk Istanbul sangat ingin mengetahui bagaimana budaya lain di dunia dalam memperlakukan kucing. Festival film tersebut memberikan kesempatan untuk mengetahui hal tersebut.

Beberapa penonton film yang menunggu di pintu masuk bioskop untuk film asal Jerman “The Strange Little Cat” mengatakan bahwa pentingnya kucing bagi orang-orang yang tinggal di Istanbul.

"Orang-orang Istanbul sangat mencintai kucing jalanan, mereka memberi mereka makan, melindungi, dan merawat kucing dengan sangat baik," kata Ahmet Gucu, penikmat film asal distrik Beyoglu Tengah.

"(Di Istanbul) mungkin Anda terbiasa menemukan kucing liar di jalanan, pusat perbelanjaan, pemberhentian kereta bawah tanah, atau melihat kucing tidur di jendela toko," tambah Ahmet.

Sebuah film asal Turki berjudul ‘Kedi’ yang bercerita tentang keadaan Istanbul dari perspektif kucing jalanan, adalah salah satu film paling populer yang diperlihatkan di festival tersebut.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini