nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penataan Pedestrian Malioboro Dimulai Awal Maret 2018

ant, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 20:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 19 510 1847631 penataan-pedestrian-malioboro-dimulai-awal-maret-2018-LbNaM5dtbO.jpg kawasan wisata Malioboro (Foto: Ist)

YOGYAKARTA - Pemerintah Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta menargetkan penataan pedestrian di kawasan sisi barat Malioboro dimulai pada Maret 2018 mendatang.

"Akan dimulai awal Maret 2018 kalau lelang lancar dan tidak ada hambatan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi dan Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY, Muhammad Mansyur.

Mansyur mengatakan, secara umum sistem penataan pedestrian Malioboro sisi barat tidak jauh berbeda dengan penataan di sisi timur. Namun demikian, untuk sisi barat selain menata ruang untuk pedagang kaki lima (PKL) juga akan ada penataan untuk pangkalan sarana transportasi tradisional yaitu andong dan becak.

"Ada open space untuk becak dan andong tetapi daya tampungnya terbatas, tetapi prinsipnya sama dengan yang sisi timur," imbuh Mansyur.

Pemda DIY telah merampungkan penataan pedestrian di sisi timur Malioboro tahap pertama (Hotel Inna Garuda- Hotel Mutiara) pada 2016 dan tahap kedua (Pasar Bringharjo- Titik Nol) pada 2017. Selain menyelesaikan penataan pedestrian Malioboro, pada 2018 Pemda DIY juga akan merampungkan pembangunan Gedung Eks Bioskop Indra yang akan digunakan sebagai lahan berjualan baru bagi PKL yang menggelar lapak di kawasan Malioboro. Eks Bioskop Indra itu rencananya akan dibangun tiga lantai.

Mansyur menambahkan, mekanisme penataan pedestrian Malioboro sisi barat akan tetap memprioritaskan pendekatan musyawarah dengan komunitas pedagang kaki lima di kawasan itu dengan harapan memunculkan kesepakatan bersama.

"Yang penting bisa duduk bareng sehingga tidak saling memaksakan kehendak. Pokoknya tahun ini (penataan) selesai," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini