nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Rumah Warga di Kota Malang Tergerus Longsor

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 11:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 19 519 1847300 4-rumah-warga-di-kota-malang-tergerus-longsor-CmqHCOBSwj.jpg Rumah yang tergerus longsor di Kota Malang. Foto Okezone/Avirista Midaada

MALANG – Empat rumah warga Kota Malang tergerus longsor yang diakibatkan karena intesitas hujan di wilayah itu tinggi

Longsor terparah menimpa rumah milik Idham Kholiq warga Jalan Brigjen Slamet Riyadi Gang 13 RT 1 RW 6, Kelurahan Oro-Oro Dowo, Kota Malang.

Menurut penuturan istri Idham Kholiq, Farida Agustina (43), longsor terjadi pukul 04.15 Jumat, (19/1/2018) saat suaminya sedang tertidur di kamar yang berada di lantai 1.

Longsor skala kecil sering terjadi di sekitar rumah Farida. Alasan ini membuat ia dan anaknya selalu mengungsi ke rumah ibunya setiap malam untuk tidur.

"Yang longsor lantai dasar, terdiri dari dapur, kamar mandi, dan ruang tamu. Tadi suami waktu tidur di ruang atas jadi alhamdulillah selamat," tuturnya saat ditemui Okezone.

Longsor yang terjadi, kata Farida, merupakan longsor susulan yang telah terjadi dua minggu lalu.

Ketua RT 01 RW 06 Kelurahan, Oro-Oro Dowo, Sulistiani mengatakan total ada 4 rumah yang terdampak langsung longsor kali ini.

"Sebenarnya pada September 2016 lalu juga sudah terjadi longsor pada plengsengan. Kita sempatkan usulkan perbaikan, tapi Pemkot (Malang) bilang itu wewenang pemerintah provinsi," jelas perempuan yang akrab disapa Lis ini.

Akibat longsor tersebut setidaknya sang pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp20 juta, karena perabotan masak, mesin cuci, dan lemari jatuh ke sungai.

Mengantisipasi longsor susulan, warga di 4 rumah yang terdampak langsung longsor sudah di minta mengungsi. Sementara 15 Kepala Keluarga yang berada di lingkungan RT 01 di sepanjang bantaran sungai Brantas diminta tetap waspada.

"Sudah diungsikan warga di 4 rumah itu. 15 kepala keluarga lainnya kami minta waspada," pungkas Sulistiani.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini