Image

Mengindap Penyakit TBC, Napi Rutan Tanjungpinang Tewas

Muhammad Bunga Ashab, Jurnalis · Minggu 21 Januari 2018 00:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 20 340 1847978 mengindap-penyakit-tbc-napi-rutan-tanjungpinang-tewas-l8jY7N6Y01.jpg foto: Illustrasi Okezone

PINANG - Makmur Saputro (34) narapidana (napi) Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang kasus penipuan dan penggelapan meninggal dunia, saat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang, Sabtu (20/1/2018) sekira pukul 14.00 WIB.

Makmur menghembuskan napas terakhirnya setelah tidak mampu melawan penyakit komplikasi tuberculosis (TBC), efusi pleura, dan hydro pneumonia.

Kepala Rutan Tanjungpinang Rony Widiyatmoko membenarkan bahwa salah satu napi atas nama Makmur meninggal dunia. Rony menuturkan, sebelum meninggal dunia Makmur telah mengindap penyakit TBC, efusi pleura, dan hydro pneumonia. Selama menjalani hukuman di Rutan, pihaknya telah mencoba merawat Makmur dengan baik.

"Dia (Makmur) sudah dirawat klinik Rutan dari beberapa hari yang lalu. Bahkan sudah beberapa kali juga dirawat di klinik Rutan ketika sesak napasnya kambuh," ujar Rony saat dikonfirmasi.

Dia menyampaikan, dalam beberapa terakhir setelah dirawat di klinik Rutan kondisinya semakin menurun dan akhirnya dirawat ke Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Midiyanto Suratani bersama keluarganya. Setelah dirawat RSAL ada tindakan medis yang harus dilakukan operasi sehingga harus dirujuk ke RSUP untuk melaksanakan operasi. Namun saat diperjalanan Makmur meninggal dunia.

"Meninggal dunia saat perjalanan menuju RSUP untuk melakukan operasi, tadi pas dirujuk bersama keluarganya," kata Rony.

Lanjut, kata Rony, Makmur menjalani dua kasus hukuman dengan total vonis 4 tahun 6 bulan di Pengadilan Negeri Tanjungpinang. Napi bersangkutan menjalani pidana Pasal 372 KUHP dengan vonis 2 tahun 6 bulan, sedangkan yang kedua Pasal 387 KUHP dengan vonis 2 tahun penjara.

"Almarhum baru menjalani hukuman kurang lebih 11 bulan di Rutan Tanjungpinang," ujar dia.

Rony menyampaikan, pihaknya telah menyerahkan jenazah Makmur kepada keluarganya untuk dikebumikan. Tidak hanya jasadnya, pihak Rutan juga telah menyerahkan barang-barang bawaan bersangkutan.

"Kita sudah serahkan dan barang bawaan almarhum selama di rutan kepada keluarganya," tutup Rony.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini