Image

Peduli Perubahan Indonesia, UNS Gelar Sharing on Excellent

Bramantyo, Jurnalis · Sabtu 20 Januari 2018 13:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 20 65 1847832 peduli-perubahan-indonesia-uns-gelar-sharing-on-excellent-ObdkodLxSN.jpg Foto: Bramantyo/Okezone

SOLO - Kepedulian para alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo terhadap perubahan global yang begitu cepat, termasuk di Indonesia, diwujudkan dengan menggelar Sharing on Excellent "Indonesia Outlook 2018".

Sejumlah pakar mulai dari bidang Hukum, Budaya, Sosial, Ekonomi Teknik, dan IPA dihadirkan. Diantaranya ahli bidang ekonomi Daerobi, ahli bidang hukum Sunny UF, ahli bidang sosial budaya Ahmad Adib, ahli bidang politik Rino AN, ahli bidang infrastruktur Budi Y, dan ahli bidang SDM Tamrin.

Wakil Rektor Bidang Akademik Sutarno mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dari para alumni UNS dalam rangka untuk melihat "Indonesia kedepan" di tahun 2019.

"Ini bentuk kepedulian dari perguruan tinggi dan para alumni. Nah, peran kita sebagai perguruan tinggi dan para alumni ini merumuskan kita mau mengambil peran apa. Sehingga kami sengaja mengundang sejumlah pakar yang kebetulan alumni UNS," terang Sutarno pada Okezone, Sabtu (20/1/2018).

(Baca juga: Atasi Gizi Balita, Mahasiswa Ciptakan Biskuit Sehat dari Ampas Kelapa)

Menurut Sutarno, dihadirkannya sejumlah pakar ini dikarenakan kondisi negeri ini kedepan sudah multidimensi.

"Karena ini yang dibicarakan global maka semua aspek kena. Jadi kita buka wacana. Syukur wacana itu nanti bisa dipakai. Dari sini nantinya wacana itu diajukan pada pimpinan. Tergantung pimpinan, kita (UNS) mau mengambil peran apa," ujarnya.

Selain itu, ungkap Sutarno, sebagai perguruan tinggi salah satu misinya yaitu membentuk tenaga-tenaga kerja yang siap pakai. Tentu saja tenaga-tenaga profesional yang dipersiapkan harus sesuai dengan zaman saat itu. Dengan kata lain,UNS harus benar-benar bisa beradaptasi dengan perubahan zaman.

"Perguruan tinggi itu salah satu misinya membentuk tenaga-tenaga kerja yang siap. Ketika kita meluluskan mahasiswa, kemudian eranya sudah berubah, kemudian kita tidak adaptasi, tentu saja kita kasihan terhadap para lulusan kita. Karena itulah kita undang para alumni. Karena mereka-mereka ini sudah tersebar kemana-mana. jadi tahu apa yang harus dilakukan," terangnya.

Agar bisa terus beradaptasi terhadap semua perubahan, Sharing on Excellent yang semula hanya digelar setahun sekali, kini diubah menjadi tiga bulan sekali.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini