Image

Turki Ditembak Tiga Roket dari Suriah, Satu Orang Terluka

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Minggu 21 Januari 2018 17:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 21 18 1848134 turki-ditembak-tiga-roket-dari-suriah-satu-orang-terluka-BYcQjtkDPX.jpg Rumah warga yang terkena roket dari Suriah. (Foto: Anadolu)

KILIS - Sebanyak tiga roket dilaporkan ditembakkan dari Suriah ke Provinsi Kilis, Turki, pada Minggu 21 Januari dini hari yang diperkirakan ditembakkan oleh kelompok teroris. Penembakan roket tersebut bersamaan dengan operasi militer Turki di Afrin, Suriah, melawan kelompok teroris termasuk ISIS.

Menurut laporan Anadolu, Minggu (21/1/2018), Gubernur provinsi setempat mengatakan bahwa roket tersebut menyerang empat titik di dua pusat kota sekitar pukul 01.40 waktu setempat.

Gubernur Kilis Mehmet Tekinarslan mengatakan bahwa hanya satu orang yang menderita luka ringan dalam kejadian tersebut karena pecahan kaca yang mengenai wajahnya. Menurut sumber keamanan yang tidak disebutkan namanya, roket yang ditembakkan juga merusak beberapa bangunan di daerah tersebut. Tim polisi pun dikirim ke daerah tersebut untuk melakukan tindakan pengamanan.

Staf Umum Turki mengonfirmasi bahwa mereka meluncurkan ‘Operation Olive Branch’ pada Sabtu pukul 5.00 sore waktu setempat. Operasi tersebut dilakukan berdasarkan kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, keputusan Dewan Keamanan PBB, dan hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB, kata militer tersebut.

Sebuah pernyataan mengatakan bahwa operasi tersebut juga akan mempertimbangkan sensitivitas dan menjamin tidak ada warga sipil atau orang yang tidak bersalah akan menjadi korban.

Partai Persatuan Demokrat (PYD) dan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) adalah kelompok yang dinyatakan sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Sejak pertengahan 1980-an, PKK telah melancarkan aksi teror yang luas melawan negara Turki di mana diperkirakan 40 ribu orang telah terbunuh.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini