nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aris Mengaku Anggota Kopassus Demi Tipu Pacar Lewat Facebook

Kuntadi, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 11:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 22 510 1848338 aris-mengaku-anggota-kopassus-demi-tipu-pacar-lewat-facebook-H0KGnZLA3b.jpg Ilustrasi. Foto Okezone

KULONPROGO - Seorang pria asal Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Aris (33) diamankan petugas TNI dan Polri ke Kodim 0731 Kulonprogo lantaran mengaku sebagai anggota TNI. Modus sebagai TNI gadungan ini digunakan untuk menipu perempuan yang dipacarinya.

Penangkapan dilakukan saat pelaku yang mengaku berpangkat Sersan mayor dengan nama Aditya Yudha ini tengah berkunjung di rumah Sulastri di Dukuh Kepek, Pengasih, Kulonprogo pada Sabtu (20/01/2018) lalu.

Saat bersamaan ada anggota dari Polsek Pengasih Serma Paryono yang tengah bermain ke rumah Kelik yang tidak lain kakak dari Sulastri. Oleh Kelik, Sulastri dikatakan jika tamu adiknya adalah anggota TNI AD, Kopasssus yang berdinas di Cijantung Jakarta.

Saat bertemu inilah terjdi komunikasi antara keduanya. Lantaran janggal ketika diajak ngobrol dalam kesatuan, dan kedinasan tidak nyambung. Dari situlah, Paryono menghubungi rekannya yang berdinas di Kodim dan dilakukan penangkapan.

"Dia mengaku bernama Aditya dari TNI AD dengan asal satuan, Markas Komando Kopassus Group III Cijantung dengan spesialisasi yakni di bidang intelijen (Sandi Yudha)," jelas Komandan Unit Intel KOdim 0731 Kulonprogo Lettu Inf Khabib, Senin (22/01/2018).

 

Malam itu juga, Aris dibawa ke Kodim untuk proses pemeriksaan. Dari proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Pelda Wahyu Antonius (Bati Intel Staf Intel Kodim 0731), dipastikan Aris merupakan TNI gadungan. Dia hanyalah warga sipil biasa yang banyak memperkenalkan diri kepada korban melalui Facebook dengan nama Aditya.

Petugas juga mengamankan beberapa barang bukti yang disita dari Aris. Di antaranya topi Kopassus, KTA TNI palsu, SIM A, KTP, uang Rp4,9 juta, ATM BRI, obat tidur, dan mobil.

"Modusnya dia menjanjikan akan menikahi perempuan, bahkan sudah ada yang diajak tidur," jelas Khabib.

Uang sebnayak Rp4,9 juta, kata dia, merupakan uang hasil menggadaikan gelang emas milik Sulastri. Dia meminjam uang dengan alasan untuk pengobatan ibunya yang tengah sakit.

"Kita sudah serahkan kasus ini ke polisi untuk proses lebih lanjut," tuturnya.

Sementara itu Kapolres Kulonprogo Irfan Rifai yang dikonfirmasi terpisah mengaku telah menerima penyerahan dari Kodim. saat ini mereka masih melakukan pemeriksaan dengan meminta keterangan dari tersangka. "Masih kita lakukan pemeriksaan," jelas Kapolres.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini