nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Berapi Meletus di Jepang, Belasan Wisatawan Terluka

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 12:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 23 18 1848910 gunung-berapi-meletus-di-jepang-belasan-wisatawan-terluka-wddD5rObJM.jpg Gunung Kusatsu-Shirane. (Foto: BBC)

TOKYO - Gunung Kusatsu-Shirane di Jepang dilaporkan meletus. Gunung yang terletak di Prefektur Gunma, barat laut Tokyo itu meletus dengan memuntahkan bebatuan yang kemudian menghantam para wisatawan yang tengah bermain ski.

Sebagaimana diwartakan Reuters, Selasa (23/1/2018), seorang wisatawan dilaporkan hilang tertimbun longsoran salju ketika gunung meletus. Sementara itu, tiga orang lainnya yang sempat tertimbun longsor berhasil diselamatkan.

Akibat letusan tersebut, sekira 15 orang terluka. Para korban yang terluka merupakan pengunjung resor air panas Kusatsu. Tidak jelas apakah longsoran salju disebabkan oleh aktivitas vulkanik atau bukan.

Tidak jelas apakah longsoran salju disebabkan oleh aktivitas vulkanik.

BACA JUGA: Gunung Berapi di Jepang Meletus untuk Pertama Kali Setelah 6 Tahun

"Berdasarkan hasil pengamatan, bisa dikatakan bahwa gunung tersebut memang telah meletus. Namun kami masih berusaha untuk mengkonfirmasi fakta di lapangan," ujar seorang petugas Badan Metereologi Jepang.

Pihak berwenang telah menaikkan status Gunung Kusatsu-Shirane menjadi level tiga. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak mendaki gunung sementara sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Dalam rekaman video yang diambil dari arah resor nampak bebatuan terbang ke udara dari arah gunung bersamaan dengan gelombang asap hitam. Juru bicara Pemerintah Jepang, Yoshihide Suga, mengatakan, empat orang yang tengah mengendarai gondola terluka akibat pecahan kaca.

 

BACA JUGA: Gunung Ontake di Jepang Meletus

Gunung Kusatsu-Shirane merupakan sebuah gunung berapi aktiv dengan tinggi 2.160 meter. Jepang memiliki 110 gunung berapi aktif dan 47 di antaranya terus dimonitor sepanjang waktu. Pada September 2014, 63 orang terbunuh di Gunung Ontake akibat bencana vulkanik terburuk di Jepang selama hampir 90 tahun.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini