nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pencari Udang Tewas Diterkam Buaya, Warga Ketakutan

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 12:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 23 340 1848904 pencari-udang-tewas-diterkam-buaya-warga-ketakutan-9h1ZqEDA0C.jpg Ilustrasi

KATINGAN - Seorang warga tewas diterkam buaya saat memasang jaring tangkap udang di Sungai Sebangau Jaya, Desa Sebangau Jaya, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, Kalteng pada Sabtu 20 Januari. Akibatnya, aktivitas di sungai tersebut sepi dari para pencari udang dan ikan. Padahal, sebelumnya sungai ini setiap harinya selalu ramai oleh warga yang mencari udang.

“Ya sejak ada warga yang tewas diterkam buaya, aktivitas di sungai menjadi sepi. Warga ketakutan jika masih ada buaya yang berada di sungai itu,” ujar Edi seorang pencari udang warga Desa Sebangau Jaya, Selasa (23/1/2018).

Ia berharap, petugas Balai Konservasi dan Sumber Daya Mineral (BKSDA) Kalimantan Tengah (Kalteng) segera mengevakuasi buaya Muara yang sudah menewaskan warga. Selain itu pemerintah daerah juga harus memasang spanduk larangan mencari udang di kawasan sungai supaya tidak ada korban lagi.

“Ya otomatis mata pencaharian kita hilang, tapi bagaimana lagi, mungkin mau cari pekerjaan lain dulu,” ungkap Edi.

Sebelumnya, warga Desa Sebangau Jaya digegerkan atas tewas seorang warga yang dimakan buaya Muara saat memasang jaring penangkap udang di dalam Sungai Sebagau wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Korban tewas bernama Aman bin Nanal (30), warga RT 02 RW 01 Desa Sebangau Jaya Kecamatan Katingan Kuala.

Saat itu, korban bersama dua temannya Yani (40) dan Ari (18) akan memasang jaring penangkap udang di dalam sungai. Mereka melakukannya dengan cara masuk ke dalam air di anak sungai yang terletak di Sungai Sebangau Besar.

Namun tidak berselang lama kedua saksi menyadari kalau korban, Aman, telah menghilang. Mereka kemudian memutuskan mencari korban di sekitar anak Sungai Sebangau. Akan tetapi, keduanya tidak menemukan korban.

Keduanya kemudian kembali ke Desa Sebangau Jaya untuk meminta bantuan masyarakat dan melakukan pencarian terhadap Aman sekitar pukul 08.30WIB.

Saat melakukan penyisiran di anak Sungai Sebangau, masyarakat menemukan seekor buaya muara sedang berjemur di tepi sungai dengan posisi mulut buaya sedang memakan korban.

Warga kemudian mencari sebuah tongkat kayu untuk mengusir buaya muara itu. Upaya yang dilakukan berhasil, akhirnya buaya melepaskan tubuh korban dari mulutnya.

Warga kemudian membawa mayat korban ke Desa Sebangau Jaya Kecamatan Katingan Kuala.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Katingan Kuala Iptu M Noor Senin 22 Januari membenarkan hal itu. "Benar, TKP-nya di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, tapi mereka warga Katingan,” katanya.

Menurutnya, kondisi tubuh korban sudah tidak utuh lagi. "Mayat diketemukan dalam kondisi lengan kanan hilang, kaki kiri remuk dan perut sobek. Dan jenazah pada Minggu siangsudah dikuburkan pihak keluarga,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini