Image

7 Anak Buaya Asal Jambi Gagal Diselundupkan ke Jawa

Abimayu, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 00:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 23 340 1849317 7-anak-buaya-asal-jambi-gagal-diselundupkan-ke-jawa-wnrtHDvLga.jpg Anak buaya yang diselamatkan dari penyelundupan. Foto Okezone/Abimayu

JAMBI – Tujuh ekor anak buaya berhasil diselamatkan dari usaha penyelundupan di Jambi.

Penyelamatan dilakukan oleh Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) dan keamanan hasil perikanan Provinsi Jambi bekerja sama dengan Avsec Bandara Sultan Thaha.

Ketujuh ekor anak buaya langka tersebut, di antaranya empat ekor buaya muara (Crocodylus Porosus) dan 3 ekor buaya Senyulong (Tomistoma Schlegelli).

"Pihak Avsec Bandara dan Karantina ikan di cargo bandara melihat di monitor X Ray barang mencurigakan," terang Kepala Stasiun Karantina Ikan Jambi Rudi Barmara, Selasa (23/1/208).

Setelah dibuka, petugas menemukan tujuh ekor anak buaya dalam dua paket pengiriman.

"Kedua paket tersebut dikirim melalui jasa kiriman TIKI yang dikemas seolah-olah paket aksesoris akuarium," ujarnya.

Paket kiriman bertuliskan atas nama Usman di Palmerah Lama, dan Paul J, di Komplek Pasar Mama, Mayang.

"Kedua pengirim dari Kota Jambi. Sedangkan tujuan pengiriman ke Kota Kediri, Jatim," tukas Rudi.

"Terhadap barng bukti akan dikoordinasikan dengan pihak BKSDA Jambi untuk proses pelepasliaran ke habitatnya," tuturnya lagi.

Aksi penyelundupan satwa dilindungi melanggar Undang Undang (UU) No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistemnya dan UU No 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini