nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pura-Pura Sakit, Napi Teroris Nusakambangan Serang Petugas Lapas

Sucipto Cipto, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 03:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 23 512 1848791 pura-pura-sakit-napi-teroris-nusakambangan-serang-petugas-lapas-WBkox6Y5ZH.jpg Ilustrasi.

CILACAP - Seorang narapidana tersangka kasus terorisme bernama ZL alias Abu Irhab (35) nekat menyerang petugas Lapas Pasir Putih Nusakambangan, Cilacap pada Senin 22 Januari 2018. Akibatnya, beberapa petugas kesehatan dan sipir lapas mengalami luka memar dan lecet di beberapa bagian tubuh. 

Kasubbag Humas Polres Cilacap, AKP Bintoro Wasono mengatakan, peristiwa itu terjadi di ruang  kamar No 9 Blok A yang dihuni oleh pelaku. Sekira pukul 09.45 WIB, pelaku mengeluh sakit dan minta diperiksa oleh medis dari lapas. Saat diperiksa tekanan darahnya oleh tim medis, pelaku langsung menyerang perawat dengan kawat. Tidak hanya itu, pelaku kemudian meraih mangkuk berisi sayur di ruangannya untuk disiramkan ke wajah petugas. 

"Pelaku juga melakukan pemukulan terhadap dokter lapas yang saat itu sedang mengawasi pemeriksaan," kata Bintoro.

(Baca juga: Polisi dan BNN Sita Puluhan Handphone saat Razia Lapas Besi Nusakambangan)

Sipir penjara yang ada di ruangan itu tidak luput dari serangan pelaku. Secara membabi buta, pelaku menyerang petugas yang ada di dalam sel. "Beberapa petugas mengalami luka di beberapa bagian tubuh dan wajah," tambah Bintoro. 

Pelaku kemudian dipindahkan dari blok A ke Blok C. Namun, dalam proses pemindahan itu, pelaku kembali berulah dan menyerang petugas yang membawanya.

Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Pasir Putih yang memimpin pemindahan tersebut termasuk jadi sasaran pelaku. KPLP mengalami luka gores di tangan.

"Petugas masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan barang bukti lainnya. Pelaku dijerat pasal 351 KUHP tentang Penganiayaan dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun," pungkas Bintoro.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini