Harry Nugroho Mundur dari Ajang Pilkada Batubara

Erie Prasetyo, Okezone · Rabu 24 Januari 2018 14:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 24 340 1849556 bakal-calon-bupati-batubara-mundur-dari-ajang-pilkada-serentak-9peEQGQYa1.jpg Ilustrasi Pilkada (Foto: Ist)

MEDAN - Setelah mendaftar sebagai bakal calon Bupati Batubara, RM Harry Nugroho memilih mengundurkan diri. Alasan pengunduruan dirinya karena tidak mendapat restu dari keluarganya.

Harry yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Batubara sebelumnya telah mendaftar ke KPUD Batubara pada awal Januari 2018 lalu

Komisioner KPUD Batubara Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Taufik Abdi Hidayat mengatakan, pihaknya telah menerima surat pengunduran diri Harry pada Selasa 23 Januari kemarin.

"Kita sudah terima, dalam surat itu RM Harry Nugroho, mengundurkan diri dengan alasan tidak mendapat persetujuan dari keluarga. Itu dilampirkan dengan surat dari istri maupun dua anak yang bersangkutan," kata Taufik, Rabu (24/1/2018).

(Baca Juga: 29.574 Napi Terancam Golput di Pilgub Sumut, KPU Sosialisasi ke Lapas dan Rutan)

Sementara Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga mengatakan, sesuai ketentuan KPU, seharusnya bakal calon kepala daerah tidak bisa lagi mengundurkan diri. Jika tetap mengundurkan diri, parpol yang mengusung bakal calon itu juga dianggap gugur.

"Pergantian itu hanya bisa dilakukan dengan tiga alasan, masalah kesehatan ketika tes kesehatan kemarin, kedua, berhalangan tetap, bisa karena meninggal bisa karena sakit permanen. Ketiga, terkena pidana hukum berdasarkan keputusan tetap pengadilan," ungkap Benget di Medan.

Apalagi, kata Benget, para bakal pasangan calon sudah menandatangani formulir B4-KWK yang menyatakan sepakat untuk dicalonkan dan mengikuti seluruh prosedur. Harry juga disebut-sebut belum berkoordinasi dengan partai pengusungnya atas pengunduran diri itu.

(Baca Juga: 2 Balon Independen Tak Penuhi Syarat, Petahana Deliserdang Lawan Kotak Kosong)

Untuk diketahui, pada Pilkada Batubara, RM Harry Nugroho berpasangan dengan Muhammad Syafii. Mereka diusung empat parpol yakni, Nasdem, Hanura, PKS dan PAN.

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini