Image

Diguyur Hujan Deras Lama, 3 Rumah Rusak Tertiban Longsor di Banyumas

Sucipto Cipto, Jurnalis · Kamis 25 Januari 2018 12:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 25 337 1849998 diguyur-hujan-deras-lama-3-rumah-rusak-tertiban-longsor-di-banyumas-j4ERrZ2pRD.jpg Ilustrasi longsor (Foto: Okezone)

BANYUMAS - Sebanyak tiga rumah rusak berat akibat longsor yang terjadi di Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas. Hal tersebut terjadi lantaran hujan deras menguyur wilayah Banyumas pada Rabu, 24 Januari 2018.

Komandan Taruna Siaga Bencana Banyumas, Ady Chandra mengatakan bahwa di Kecamatan Gumelar hujan turun cukup lama sejak siang hingga menjelang malam. Akibatnya, terjadi longsor di dua titik.

"Titik longsor di Desa Samudra Kulon dan Dusun Dukuh," kata Ady pada Kamis (25/1/2018).

Dua rumah di Desa Samudra Kulon mengalami kerusakan yang cukup berat pada talud. Ada pula bagian belakang rumah yang terbawa longsor milik Warni. Rumah lain, kondisi atap dan dinding rusak karena tertimpa penampungan air. Sejak malam hari, pemilik rumah mengungsi ke tempat kerabat.

"Tidak adanya korban luka dan korban jiwa," kata Ady.

Sejak Kamis (25/1/2018) pagi material longsor mulai dibersihkan oleh Tagana, BPBD, TNI, Polri dan warga setempat. Beberapa warga juga mulai memperbaiki rumah yang rusak.

Ady menjelaskan bahwa Gumelar merupakan salah satu zona merah bencana tanah longsor. Selain hujan, penyebab longsor adalah kondisi tanah yang memang labil sehingga mudah longsor ketika hujan turun dalam jangka waktu yang lama.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini