nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Verifikasi Faktual Semua Parpol untuk Kompetisi Sehat

Subhan Sabu, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 20:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 26 340 1850909 verifikasi-faktual-semua-parpol-untuk-kompetisi-sehat-TRqVDG0IbS.jpg Ilustrasi. Foto Okezone

MANADO – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Sulawesi Utara (Sulut) Hendrik Kawilarang Luntungan, mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan verifikasi faktual semua partai politik peserta Pemilu 2019.

Hal itu, kata Hendrik, untuk memberikan proporsi yang sama terhadap semua parpol.

Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan judicial review atau uji materi Pasal 173 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Itu artinya, 12 partai politik peserta pemilu 2014 harus mengikuti proses verifikasi jika hendak mendaftarkan diri di Pemilu 2019.

"Verifikasi faktual yang dilakukan terhadap Partai Perindo dan PSI harus juga dilakukan terhadap partai politik yang lama, setara tanpa perlakuan kurang," ujar Hendrik.

"Dengan demikian akan terjadi kompetisi yang sehat. Ini sudah menjadi keputusan Mahkamah Konstitusi, kalau tidak dilaksanakan akan membuat hasil Pemilihan Umum Legislatif tahun 2019 akan cacat hukum," lanjutnya.

Hendrik mengajak masyarakat untuk mendukung sekaligus mengawasi KPUD Sulut dalam menjalankan keputusan Mahkamah Konstitusi ini.

"KPU telah menunjukkan sikap independensinya dan tidak terpengaruh oleh ajakan parpol-parpol yang sekadar hanya melakukan verifikasi administrasi," jelas Hendrik.

Ia juga berharap, jika ada partai politik yang tidak lolos jangan dipaksakan untuk lolos. Atau ada partai politik yang enggan untuk diverifikasi faktual.

“Karena ini untuk kepentingan bersama. Saya yakin KPUD Sulut akan sangat maksimal melakukan tugasnya, dan kami akan turut serta mengontrol dan mengawasi jalannya verifikasi parpol lama ini di Sulut," pungkas Hendrik.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini