Beruang Tangan Buntung Diserahkan Warga ke BBKSDA Riau

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 23:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 26 340 1850930 beruang-tangan-buntung-diserahkan-warga-ke-bbksda-riau-ZbpBkD4OZC.jpg Beruang yang diserahkan warga ke BBKSDA Riau. (Foto: Banda H/Okezone)

PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menerima seekor beruang dari seorang warga. Saat diserahkan, kondisi beruang itu dalam keadaan tangan buntung.

Tiong Ho, warga yang menemukan hewan itu mengaku, beruang madu itu awalnya terjerat di sebuah hutan dekat rumahnya. Lantas kemudian beruang itu dipeliharanya. "Kemarin satwa tersebut diserahkan secara sukarela oleh seorang warga Lubuk Muda, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis," ucap Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati Jumat (26/1/2018).

Dia menjelaskan, pihak BBKSDA mengapresiasi penyerahan satwa dilindungi itu oleh warga secara sukarela. Saat diserahkan, satwa bernama latin helarctos malayanus tersebut kondisinya cacat pada bagian telapak tangan. Satwa langka ini berjenis kelamin jantan dan usianya remaja.

"Saat ini beruang tersebut masih berada di Kantor BBKSDA. Hewan tersebut diserahkan pada 24 Januari 2018," imbuh Dian.

(Baca juga: Beruang Madu Terluka Masuk ke Permukiman di Agam, BKSDA Turun Tangan)

Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan BBKSDA Riau, Ujang Holisudin menjelaskan, warga bernama Tiong Ho itu sudah memelihara beruang itu selama setahun. Saat itu Tiong Ho menemukan beruang tersebut terjerat. Saat dievakuasi, kondisi tangannya luka parah.

Kemudian dia membawanya ke rumah dan mengobati. Setelah satu tahun memelihara, ada warga melapor ke pihak BBKDA soal warga yang memelihara beruang. Setelah dilakukan pendekatan, akhirnya Tiong Ho mau menyerahkan beruang itu ke petugas.

"Warga itu memelihara beruang itu sejak kecil. Setelah diberi pemahaman, akhirnya warga tersebut dengan sukarela menyerahkannya. Beruang merupakan satwa yang dilindungi," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini