nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ciptakan Alat Deteksi Serangan Jantung, Mahasiswa Indonesia Raih Juara di Jerman

Elva Mustika Rini, Jurnalis · Senin 29 Januari 2018 08:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 26 65 1850825 ciptakan-alat-deteksi-serangan-jantung-mahasiswa-indonesia-raih-juara-di-jerman-IeCZUx0zQF.jpg Foto: Dok Undip

JAKARTA - Tingginya angka kematian akibat penyakit jantung mendorong sekelompok mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), Christian M.T Sinaga, Kawidian Putri Bayu Alam, Mariana Tampubolon, Nurwarrohman Andre Sasongko, dan Hizroh Rochmah Tulloh mencipakan alat pendeteksi jantung pintar yang dinamakan ‘SAD–Heart/Smart Alert Detection of Heart’.

Alat ini diciptakan untuk mendeteksi secara sigap perubahan detak jantung dem mencegah serangan mendadak.

Dilansir dari laman Undip, Senin (29/1/2018), atas temuan ini, silver medal berhasil mereka raih pada ajang bergengsi iENA International Trade Fair Ideas Inventions New Products Germany di Nurmberg, Jerman, baru-baru ini. Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan penghargaan khusus berupa special awards dari JSC NIIAS, Rusia.

Untuk mendapat penghargaan tersebut, tim harus mengalahkan sekira 180 penemu dari 45 negara di dunia, di antaranya Jerman, Hong Kong, India, Iran, iraq, Malaysia, Rusia, Korea, Portugis, Polandia, dan masih banyak lagi.

Ajang tahunan yang diselenggarakan International Federation of Inventors Association (IFIA) tersebut memang dikenal giat mencari generasi penemu dari belahan dunia.

Sebab itu, kemenangan tim kali ini diartikan sebagai daya dorong untuk mengembangkan penemuan agar dapat bermanfaat dalam menurunkan angka kematian akibat serangan jantung di tengah kehidupan masyarakat Indonesia.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini