nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerugian Akibat Badai Salju China Tengah Telan Rp540 Miliar

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 28 Januari 2018 20:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 28 18 1851373 kerugian-akibat-badai-salju-china-tengah-telan-rp540-miliar-WltKO5fins.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

BEIJING  - Badai salju yang terjadi di Provinsi Hubei, China sejak Rabu 24 Januari telah menimbulkan kerugian senilai 270 juta RMB (sekira Rp540 miliar). Badai salju telah merusak rumah-rumah penduduk dan fasilitas umum lainnya di wilayah tengah China itu.

BACA JUGA: Badai Salju Ekstrem Paksa Bandara Xinjiang Ditutup

Lebih dari 670 ribu jiwa warga setempat terkena dampak dari bencana tersebut. Dinas Sosial Provinsi Hubei mengalokasikan dana 124 juta RMB (Rp248 miliar) untuk mengatasi dampak bencana, di samping juga membagikan 6.400 potong jaket dan selimut kepada warga terkena dampak badai, demikian laporan sejumlah media resmi China yang dipantau Antara di Beijing, Minggu, 28 Januari.

Informasi yang diperoleh dari tim darurat bencana Kota Shiyan, Hubei, seorang perempuan hamil yang menderita tumor intrakranial di rumah sakit umum daerah setempat mendesak untuk dipindahkan ke rumah sakit lainnya guna menjalani operasi.

Seorang petugas kepolisian melakukan pengawalan di jalan raya menuju helikopter yang membawa pasien menuju rumah sakit. Ibu hamil tersebut akhirnya melahirkan bayi dengan selamat pada Sabtu petang.

Sementara itu, badai salju di Provinsi Anhui telah mengakibatkan tujuh ribu jiwa terkena dampaknya.

Kerugian ekonomi sebagai akibat langsung dari bencana tersebut mencapai 24,3 juta RMB (Rp48,6 miliar), termasuk kerugian sektor pertanian senilai 18 juta RMB (Rp36 miliar) di tiga kota di provinsi tersebut.

Di Provinsi Jiangsu, ketebalan salju telah mencapai 11,6 milimeter. Hampir 60 rute bus, 1.000 jadwal keberangkatan kereta jarak jauh, dan 500 jadwal penerbangan dibatalkan. Bandar Udara Internansional Nanjing juga ditutup sementara akibat bencana tersebut.

Kemudian di Provinsi Zhejiang terdapat 43 jadwal keberangkatan kereta api dan 108 jadwal penerbangan tertunda sejak dilanda badai salju pada Kamis pekan lalu.

BACA JUGA: Hujan Salju Tak Surutkan Tekad Warga China untuk Tetap Beraktivitas

Ketebalan salju di beberapa kota, seperti Shaoxing dan Ningbo, mencapai 4 hingga 10 centimeter. Di bebarapa daerah lain di provinsi tersebut ketebalan salju mencapai 15 centimeter.

Badan metereologi setempat menyatakan bahwa beberapa daerah masih akan mengalami badai salju hingga akhir bulan ini disertai hawa dingin yang ekstrem.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini