nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menang Telak, Sauli Niinisto Kembali Terpilih sebagai Presiden Finlandia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 29 Januari 2018 08:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 29 18 1851508 menang-telak-sauli-niinisto-kembali-terpilih-sebagai-presiden-finlandia-9hzk4AEu9f.JPG Presiden petahana Finlandia, Sauli Niinisto, berhasil meraih kemenangan mutlak (Foto: Reuters)

HELSINKI – Presiden petahana Finlandia, Sauli Niinisto, berhasil menang mutlak dengan meraup 62% suara dalam pemilihan umum yang berlangsung pada Minggu 28 Desember. Pria berusia 69 tahun itu berhasil menyisihkan rivalnya dari Partai Hijau yang hanya mampu meraih 12,4% suara.

Sauli Niinisto adalah kandidat pertama yang berhasil menang dalam putaran pertama pemilihan umum sejak sistem diubah pada 1994. Ia mengaku sangat terkejut melihat dukungan yang diberikan warga Finlandia terhadapnya.

“Saya harus berpikir keras bagaimana membayar kepercayaan ini. Saya tidak memiliki keinginan untuk membuat perubahan hanya demi sebuah perubahan. Kami akan melihat dengan seksama apa yang terjadi di luar Finlandia, seluruh dunia, dan jika dibutuhkan, kami akan bergerak,” ujar Sauli Niinisto dalam pidato kemenangannya, melansir dari BBC, Senin (29/1/2018).

Kemenangan pria asal Salo itu tidak lepas dari popularitasnya yang cukup tinggi sebagai hasil atas upayanya mempertahankan hubungan baik dengan Rusia. Meski demikian, Finlandia adalah salah satu negara yang mendukung sanksi ekonomi terhadap Rusia atas tindakan Negeri Beruang Merah yang menganeksasi Semenanjung Crimea dari tangan Ukraina.

Sauli Niinisto berhak untuk menjabat sebagai Presiden Finlandia hingga 2024. Sebagai informasi, masa jabatan seorang presiden di Finlandia adalah enam tahun. Pada 2012, ia terpilih sebagai kandidat dari Partai Koalisi Nasional. Akan tetapi, kali ini Sauli Niinisto maju lewat jalur independen.

Rival terdekatnya dari Partai Hijau, Pekka Haavisto, mengucapkan selamat atas kemenangan Sauli Niinisto. “Niinisto jelas telah memenangkan pertarungan, saya mengucapkan selamat untuknya,” tukas Pekka.

Dua orang kandidat, yakni Laura Huhtasaari dari Partai Finns serta kandidat independen Paavo Vayrynen masing-masing hanya memperoleh 6,9% dan 6,2% suara. Sementara kandidat lainnya hanya berhasil mendapatkan suara minoritas.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini