nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yordania Desak Masyarakat Internasional Salurkan Dana Untuk Pengungsi Suriah

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 10:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 31 18 1852515 yordania-desak-masyarakat-internasional-salurkan-dana-untuk-pengungsi-suriah-mNzl5Xnebq.jpg Pengungsi Suriah di Kamp Al Zataari Kota Mafraq, Yordania. (Foto: Reuters)

AMMAN - Yordania pada Selasa, 30 Januari mendesak masyarakat internasional agar mendukung seruannya untuk memperoleh dana tujuh miliar dolar AS dari 2018 sampai 2020 guna membantu menangani krisis pengungsi Suriah di kerajaan tersebut.

Dalam sebuah pertemuan dengan Menteri Imigrasi Swedia Helene Fritzon, Menteri Perencanaan dan Kerja Sama Internasional Yordania Imad Fakhoury mendesak negara donor agar mendukung seruan tersebut, yang secara resmi dikeluarkan oleh Yordania pekan depan.

Sebagai akibat dari perang saudara yang berkepanjangan di Suriah, sekarang ada lebih dari 1,3 juta pengungsi Suriah yang tinggal di Yordania, sehingga menjadi beban keuangan yang besar buat kerajaan itu.

Fakhoury menyeru negara donor agar menambah hibah, termasuk pinjaman lunak, buat Yordania untuk mendanai operasinya membantu pengungsi Suriah dalam tiga tahun ke depan, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu (31/1/2018)..

Menteri tersebut, yang menyoroti bahwa ekonomi Yordania menghadapi beberapa tantangan, mengatakan pengungsian besar-besaran warga negara Suriah telah menambah tekanan atas kerajaan itu.

Ia menyerukan diberikannya dukungan berkelanjutan buat Yordania di semua medan guna mengatasi tantangan, dan mengatakan masalah pengungsi mengancam keamanan serta kestabilannya.

Sementara itu Fritzon menyampaikan penghargaan kepada Yordania karena menampung sangat banyak pengungsi Suriah. Dia juga berjanji Swedia akan terus mendukung Yordania guna membantu mengatasi semua tantangan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini