nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dedi Mulyadi Ajak Masyarakat Salat Gerhana‎ Berjamaah

Mulyana, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 19:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 31 525 1852860 dedi-mulyadi-ajak-masyarakat-salat-gerhana-8206-berjamaah-R68RF5M1yU.jpg Dedi Mulyadi (foto: Mulyana/Okezone)

PURWAKARTA - Gerhana bulan total yang akan berlangsung pada Rabu (31/1/2018) malam mendapat perhatian dari berbagai pihak, tak terkecuali Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

Budayawan Sunda ini pun mengajak masyarakat yang beragama Islam untuk mendirikan salat gerhana secara berjamaah.

(Baca Juga: 11 Masjid di Denpasar Gelar Salat Gerhana Bulan Berjamaah)

"Mari sejenak kita bertafakur. Semoga, adanya fenomena alam ini menjadikan kita untuk terus mengingat keagungan Allah SWT," ujar Dedi.

Menurutnya, ‎dalam fenomena alam ini, seorang muslim akan mendapat dua keutamaan yaitu, ibadah dan ilmu‎ pengetahuan. Untuk itu, pihaknya menyerukan supaya masyarakat bisa meluangkan waktu untuk shalat gerhana.

"Peristiwa ini, merupakan bukti kebesaran dan keagungan Sang Pencipta jagat raya," jelas dia.

(Baca Juga: Masyarakat Jangan Percaya Mitos Gerhana Bulan Total 31 Januari)

Selain seruan untuk mengerjakan shalat gerhana,‎ kata dia, Pemkab Purwakarta pun telah menyiapkan tempat bagi masyarakat yang ingin melihat fenomena alam tersebut secara langsung. Yakni, di Taman Surawisesa, kawasan Situ Buleud. Di lokasi ini, pemerintah telah menyiapkan dua teropong bintang yang bisa dimanfaatkan untuk melihat gerhana bulan ini.

Informasi yang beredar, setidaknya ada 3 peristiwa alam di malam ini. Yakni, peristiwa supermoon, bulan biru, serta gerhana bulan total. Analisis BMKG menyebutkan, gerhana bulan akan berlangsung selama lima jam, 20 menit dan dua detik. Tepatnya, mulai pukul 17.49 WIB sampai 23.09 WIB.

Saksikan Live Streaming fenomena gerhana bulan total di Okezone.com dan Facebook official Okezone.com

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini