nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

107 Ribu Perempuan Saudi Serbu Lowongan Kerja di Dirjen Paspor

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 21:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 01 18 1853400 107-ribu-perempuan-saudi-serbu-lowongan-kerja-di-dirjen-paspor-aLVyB4g9Gm.jpg Perempuan Arab Saudi mengantre di depan kantor imigrasi di Riyadh (Foto: Fayez Nureldine/AFP)

RIYADH – Sedikitnya 107 ribu orang perempuan Arab Saudi bersaing untuk mendapatkan 104 posisi kosong di Direktorat Jenderal Paspor. Pendaftaran tersebut langsung diserbu peminat setelah pihak Direktorat Jenderal Paspor mengumumkan pembukaan lowongan lewat online pekan lalu.

Pada 18 Januari, Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi mengumumkan lewat Twitter bahwa mereka mencari ratusan orang perempuan untuk pekerjaan di bandara dan perbatasan darat. Para pelamar dibatasi hanya mereka yang berusia 25-35 tahun serta minimal lulus sekolah menengah.

Melansir dari Arab News, Kamis (1/2/2018), sedikitnya 107 ribu orang sudah mendaftar untuk lowongan pekerjaan tersebut. Situs resmi Direktorat Jenderal Paspor pun diklik lebih dari 600 ribu kali. Petugas terpaksa menutup pendaftaran untuk mencegah angka peminat semakin membengkak.

Juru bicara Direktorat Jenderal Paspor, Letnan Kolonel Talal al Shalhoub menuturkan, pihaknya akan menyeleksi para pelamar lewat sistem coding otomatis. Hal tersebut dimaksudkan agar setiap pelamar yang lolos sudah sesuai kriteria yang ditetapkan.

Para pelamar yang dinyatakan lolos administrasi harus dinyatakan memiliki kebugaran yang baik serta tidak menikah dengan pria yang bukan warga negara Arab Saudi. Para calon pegawai nantinya akan diwajibkan mengikuti pelatihan selama 30 hari sebelum diizinkan bertugas di posisi masing-masing.

BACA JUGA: Alhamdullilah! Terbitkan Dekrit, Raja Salman Akhirnya Izinkan Perempuan Arab Saudi Menyetir 

Fakta tersebut merupakan angin segar bagi perempuan Arab Saudi yang memiliki keinginan untuk bekerja. Sebab, angka pengangguran di antara kaum perempuan Arab Saudi mencapai 33%. Kaum hawa di Arab Saudi pun kini menuai hasil kebijakan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman yang ingin Arab Saudi menjadi lebih moderat.

BACA JUGA: Perempuan di Arab Saudi Diizinkan Menonton Sepakbola Langsung di Stadion

Selain mengizinkan perempuan untuk bekerja, Arab Saudi juga sudah mengizinkan perempuan untuk mengemudi dan menonton pertandingan olahraga di stadion.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini