Bola Api dari Langit Menghantam Amerika Selatan, Meteorit?

Febrianto, Okezone · Jum'at 02 Februari 2018 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 01 18 1853528 bola-api-dari-langit-menghantam-amerika-selatan-meteorit-VibqKhcTBy.png (Foto: Metro)

LIMA - Orang-orang di Peru ketakutan akan hadirnya tiga bola api misterius yang jatuh ke bumi.

Seperti yang dikutip dari Metro, banyak orang yang tinggal di negara Amerika Selatan takut menjadi korban serangan meteorit, saat bola api terlihat di langit akhir pekan ini.

Video bola api menembus langit terlihat oleh ribuan orang yang tinggal di Brazil dan Peru - termasuk di Tingo Maria dan Pucallpa, dua kota di Peru yang berjarak 115 mil jauhnya dari satu sama lain.

Kepala pemadam kebakaran di kotamadya Brasil Cruzeiro do Sul, Romulo Barros, mengatakan bahwa Pusat Navigasi setempat mengatakan bahwa benda itu mungkin sebuah meteorit.

Dia menambahkan bahwa dia yakin bahwa objek tersebut telah mendarat di wilayah perbatasan antara Acre dan Peru. Sesuatu jatuh dari langit di Peru

Barros menegaskan tidak ada penerbangan internasional di wilayah udara pada saat kejadian tersebut.

Namun, untuk menghilangkan ketakutan, Angkatan Udara Peru memastikan bahwa bola api bukanlah sebuah meteorit - namun sebenarnya sebuah roket ruang angkasa kembali memasuki atmosfer bumi.

Dikatakan bola api mungkin adalah masuknya kembali roket SL-23 dan tiga bola logam adalah tangki bahan bakar milik satelit.

Dan ahli meteorologi Alejandro Fonesca, dari Universitas Federal Acre di Brasil, mengatakan bahwa tidak ada meteorit yang diperkirakan akan jatuh di daerah tersebut.

Dia menyebutkan bola itu kemungkinan besar terdiri dari puing-puing ruang angkasa, sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan benda-benda buatan manusia yang tidak berfungsi, seperti satelit lama, yang tertinggal di luar angkasa.

"Ketika puing-puing memasuki atmosfer ia berada di bawah gesekan intens dan ini menyebabkannya terbakar. Itulah yang bisa terjadi," katanya. (feb)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini