Image

Dishub DKI: 17 Ribu Taksi Online Sudah Lakukan Uji Kir

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 10:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 01 338 1853061 dishub-dki-17-ribu-taksi-online-sudah-lakukan-uji-kir-cIGPDhqfz0.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, pihaknya sudah melakukan uji kir kepada 17 ribu taksi online yang berada di Jakarta. Hal itu merupakan tindak lanjut dari sebuah Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 108 tahun 2017.

"Di DKI sudah 17 ribu lebih yang rutin melaksanakan pengujian kir," kata Sigit kepada Okezone, Kamis (1/2/2018).

Sigit menjelaskan, secara umum sopir taksi daring di Ibu Kota sudah taat mempraktekkan Permenhub 108 Tahun 2017. Kata dia, keluhan mereka dalam regulasi itu adalah yang mengharuskan sopir melakukan perubahan dari SIM A menjadi SIM A umum.

"Kalau di DKI sudah taat, hanya kemarin memang yang dikeluhkan terkait dengan kewajiban berubah dari SIM A ke SIM A umum," imbuhnya.

Baca Juga: Permenhub 108 soal Taksi Online Diterapkan Hari Ini

DIrinya pun mengimbau kepada seluruh sopir taksi online untuk melakukan uji kir. Sebab, kata dia, itu membuktikan kalau kondisi kendaraannya layak jalan sehingga keselamatan penumpang yang menaiki taksi daring dapat terjamin.

Untuk melakukan uji kir di Dishub, lanjut Sigit, mereka hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 82 ribu. Apabila segala persyaratan telah dipenuhi, maka kendaraannya akan diberikan tanda telah lulus dalam pengujian tersebut.

"Kalau dia tidak lulus, diberikan informasi item mana yang tidak lulus. Kemudian diberikan kesempatan 1 minggu untuk melaksanakan uji ulang dan gratis," pungkasnya.

Sekadar informasi, dalam uji kir dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa item. Di antaranya adalah kendaraan harus sesuai standart rancang bangunnya (tidak modifikasi ekstrim), emisi gas buang, sistem kemudi, sistem rem, sistem roda, sistem lampu dan yang terakhir fungsi pembersih kaca.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini