USU Gelar Karya Ilmiah Nasional Terbesar Scripta Research Festival 2018

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Jum'at 02 Februari 2018 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 01 65 1853367 usu-gelar-karya-ilmiah-nasional-terbesar-scripta-research-festival-2018-3stSL9k1uH.jpg Foto: Istimewa

MEDAN - Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara akan kembali menyelenggarakan even karya ilmiah nasional tahunan terbesar bertajuk “Scripta Research Festival 2018”. Gelaran yang pelaksanaannya sudah memasuki tahun kelima itu, akan digelar 2-5 Februari 2018.

Ketua Panitia “Scripta Research Festival 2018”, Muhammad Deri Pradana, menjelaskan gelaran yang mereka gelar ini merupakan agenda tahunan dan akan diikuti oleh seluruh fakultas kedokteran se-Indonesia.

"Melalui simposium dan perlombaan yang diadakan Scripta Research Festival diharapkan mampu mempertahankan dan menambah semangat penelitian yang telah ada pada rekan-rekan mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia," ujar Deri Pradana, baru-baru ini.

Adapun perlombaan yang akan digelar diantaranya research paper, literature review-poster ilmiah, poster publik, esai ilmiah dan video edukasi.

Research paper merupakan lomba ilmiah yang diwujudkan dalam bentuk penyerahan abstrak dari peneliti yang telah dilakukan dan nantinya akan dipresentasikan di depan khalayak umum. Sementara, literature review-poster ilmiah adalah lomba ilmiah yang diwujudkan dalam bentuk ulasan dan tinjauan dari beberapa referensi ilmiah yang valid, dikemas dalam bentuk jurnal ilmiah dan dipresentasikan dalam bentuk poster.

Sedangkan poster publik merupakan kompetisi karya ilmiah berupa poster yang menyuarakan isu-isu kesehatan dan dapat dibaca serta dipahami oleh masyarakat pada umumnya dengan visualisasi gambar yang edukatif dan komunikatif

Sementara esai ilmiah adalah lomba ilmiah berupa tulisan mengandung opini, pandangan, atau ekspresi pribadi mengenai isu-isu kesehatan yang sedang berlangsung di masyarakat dan didukung beberapa referensi ilmiah. Dan video edukasi merupakan lomba ilmiah dalam bentuk video yang menyuarakan isu-isu kesehatan, dapat ditonton oleh khalayak umum dengan konten audiovisual yang edukatif dan komunikatif, serta menarik.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini