nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahalnya Biaya Liburan Hakim Buat Presiden Tanzania Bingung

Agregasi Antara, Jurnalis · Sabtu 03 Februari 2018 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 03 18 1854174 mahalnya-biaya-liburan-hakim-buat-presiden-tanzania-bingung-lADGsmNwcs.jpg Presiden Tanzania, John Magufuli. (Foto: Reuters)

DAR ES SALAAM - Presiden Tanzania John Magufuli pekan ini merasa heran bagaimana para hakim Tanzania bisa membiayai liburan mahal ke luar negeri bersama keluarga mereka, dan mengeluarkan biaya di luar penghasilan mereka.

BACA JUGA: Dibayar Rp53 Juta Sebulan, Presiden Tanzania Klaim Gajinya Terkecil di Afrika

"Saya telah memantau kecenderungan ini selama beberapa waktu dan saya terkejut saat mengetahui bahwa meskipun penghasilan para hakim tidak terlalu besar, tapi mereka bisa membiayai liburan ke luar negeri, tempat mereka menginap di hotel berbintang lima bersama keluarga mereka," kata Presiden tersebut pada puncak perayaan Hari Hukum di Ibu Kota Tanzania, Dar es Salaam.

Kepala Negara Tanzania itu menambahkan, "Saya telah bertanya-tanya mengenai dari mana mereka mendapat uang untuk membiayai liburan mahal ke luar negeri. Saya pernah bertanya kepada Kepala Hakim, yang juga mengatakan ia tak tahu jawabannya." Ia mengatakan ia mengetahui liburan hakim tersebut, saat mereka mengeluarkan sangat banyak uang jauh di atas penghasilan mereka.

"Kebanyakan hakim yang berlibur meminta izin saya. Sebagian dari mereka menyatakan mereka ingin pergi ke Afrika Selatan atau Inggris," kata Magufuli, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu (3/2/2018).

Ia menambahkan, "Saya memberi mereka izin tapi saya bertanya-tanya dari mana mereka mendapat uang untuk pergi ke luar negeri bersama keluarga mereka sedangkan saya tahu gaji mereka kecil."

Presiden Magufuli mengatakan, ia memiliki perincian penuh mengenai hotel dan jumlah pasti uang yang dikeluarkan para hakim Tanzania bersama keluarga mereka.Dia juga meminta Kepala Hakim Ibrahim Juma agar menyelidiki masalah itu dan memberinya jawaban.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini