nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPU Babel: 16 Parpol Dinyatakan Memenuhi Syarat untuk Pemilu 2019

Arsan Mailanto, Jurnalis · Sabtu 03 Februari 2018 16:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 03 340 1854254 kpu-babel-16-parpol-dinyatakan-memenuhi-syarat-untuk-pemilu-2019-stfWCLSsO9.JPG Ketua KPK Bangka Belitung Fahrurrozi. (Foto: Arsan Mailanto/Okezone)

PANGKALPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bangka Belitung menyerahkan hasil verifikasi faktual kepada 16 parpol (partai politik) calon peserta Pemilu 2019 di tingkat provinsi. Usai melakukan verifikasi ada 12 parpol lama dan 4 parpol baru dinyatakan memenuhi syarat (MS) untuk tingkat provinsi.

Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung, Fahrurrozi mengatakan, ada 16 parpol yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) untuk calon peserta Pemilu 2019.

"Untuk verifikasi kepengurusan partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Bangka Belitung telah memenuhi syarat. Setelah melakukan verifikasi faktual kepengurusan partai, kepengurusan perempuan 30% dan domisili kantor parpol semuanya memenuhi syarat," ujarnya saat dihubungi Okezone di Pangkalpinang, Jumat (2/2/2018).

Dalam penyerahan hasil verifikasi kepengurusan parpol tingkat provinsi dihadiri oleh Ketua Bawaslu Bangka Belitung Edi Irawan dan empat komisioner KPU Bangka Belitung.

"Sejak pelaksanaan verifikasi pada 28 hingga 30 Januari dihadiri oleh Bawaslu Babel. Tidak ada masalah yang ditemukan di lapangan KPU mencocokkan data disistem informasi Parpol dengan berkas yang ada, kemudian mencocokkan data pengurus ketua sekretaris, dan bendahara tingkat provinsi, lalu keterwakilan perempuan dengan menghadirkan langsung," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Oji itu juga menambahkan, pengurus parpol tingkat provinsi juga memantau proses verifikasi faktual parpol masing-masing di tingkat kabupaten/kota.

"Iya, karena di kabupaten/kota itu ada verifikasi faktual keanggotaan partai jumlah 5% dari 1/1000 jumlah penduduk dengan sebaran 50% kecamatan di setiap wilayah kabupaten," tuturnya.

Setelah penyerahan hasil verifikasi faktual selanjutnya akan disampaikan ke KPU RI yang menetapkan sebagai parpol peserta Pilkada 2019.

"Untuk kewenangan penetapan peserta pemilu nanti itu ada di KPU RI pusat, memang masih ada masa perbaikan. Tapi, semua parpol sudah memenuhi syarat, jadi menunggu penetapan saja," sambung Fahrurrozi.

Sekadar informasi berikut ini adalah 16 partai politik yang lolos memenuhi syarat untuk menjadi calon peserta pemilu di antaranya 12 parpol lama di 2014, yaitu Nasdem, Golkar, PDIP, PKB, PPP, PAN, PBB, PKS, Hanura, Gerindra, PKPI, Demokrat, dan empat parpol, yaitu PSI, Partai Berkarya, Partai Garuda, Perindo.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini