nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PPP dan PKPI Terancam Gagal Ikut Pemilu 2019, Ada Apa?

Bramantyo, Jurnalis · Sabtu 03 Februari 2018 16:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 03 512 1854281 ppp-dan-pkpi-terancam-gagal-ikut-pemilu-ada-apa-gtpFmRS5nn.jpg Proses verifikasi parpol di KPUD (foto: Bramantyo/Okezone)

SUKOHARJO - Belum memenuhi kuota keterwakilan perempuan sebesar 30 persen, dua partai politik di Kabupaten Sukoharjo berdasarkan hasil verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo dinyatakan belum memenuhi syarat.

Dua parpol tersebut adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dimana hingga hari terakhir belum juga memenuhi kuota pengurus perempuan dan data keanggotaan sesuai Sistem Informasi Politik (Sipol) KPU.

"Sehingga keduanya dinyatakan belum memenuhi syarat," ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, Sabtu (3/2/2018).

Baca juga: Partai Perindo Jaksel Lolos Verifikasi Faktual

Kedua parpol tersebut lanjut Kuswanto masih harus melengkapi kekurangan data dan mengirimkan ke Sistem Informasi Politik (Sipol). Untuk PKPI sebanyak 1.152 orang dan PPP 320 orang.

Nantinya kedua parpol tersebut diberikan waktu perbaikan selama 3 hari, mulai hari ini Sabtu (3/2/2018) hingga Senin (5/2/2018) depan.

"Parpol masih diberi kesempatan untuk mengirimkan berkas kelengkapan di masa perbaikan. Jika nanti hingga waktu perbaikan tidak dilengkapi, maka dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai peserta Pemilu 2019 mendatang," ujarnya.

Baca Juga: Prabowo Sebut Verifikasi Faktual Bentuk Kontrol Parpol

Terakhir, KPU Sukoharjo akan melaksanakan rapat pleno hasil final verifikasi faktual pada 9-10 Februari dan mengirimkan hasilnya ke KPU Provinsi Jateng. "Penetapan parpol peserta pemilu 2019 akan dilakukan pada 17 Februari oleh KPU Pusat,” pungkasnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini