Image

Badan Atom Dunia Siap Bantu Indonesia Bangun Reaktor Nuklir

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 15:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 05 18 1854882 badan-atom-dunia-siap-bantu-indonesia-bangun-reaktor-nuklir-pgb23PjbrA.jpeg Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional Yukiya Amano (Foto: Wikanto Arungbudoyo/Okezone)

JAKARTA – Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Yukiya Amano mengatakan, rencana Indonesia untuk membangun reaktor nuklir adalah sepenuhnya hak pemerintah. Organisasi yang dipimpinnya tidak berhak untuk ikut campur dalam pengambilan keputusan.

“Itu semua tergantung Indonesia. Kita tidak ikut campur dalam pengambilan keputusan negara lain. Semua terserah Anda untuk memutuskan (akan membangun atau tidak),” ujar Yukiya Amano kepada awak media usai menemui Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir di Kompleks Kementerian Luar Negeri RI, Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2018).

Sebagai informasi, IAEA adalah organisasi internasional yang bertujuan untuk mendorong penggunaan energi nuklir untuk tujuan damai serta mencegah penggunaan energi nuklir untuk kepentingan militer.

BACA JUGA: Batan Kantongi Izin Tapak untuk Bangun Reaktor Nuklir 

Yukiya Amano menambahkan, energi nuklir memiliki keunggulan sebagai penghasil tenaga listrik yakni mampu menghasilkan energi listrik dengan karbon paling rendah. Pria asal Jepang itu memastikan bahwa IAEA akan membantu Indonesia terkait reaktor nuklir jika keputusan final sudah dibuat.

“IAEA akan membantu jika Anda sudah memutuskan. Kita akan membantu untuk menggunakan energi nuklir secara aman dan berkelanjutan. Tidak perlu terburu-buru (dalam mengambil keputusan), pertimbangkan matang-matang berbagai macam elemen,” imbuh Yukiya Amano.

Sementara itu, mantan Duta Besar (Dubes) Rusia, Mikhail Galuzin, meyakini bahwa masalah kelangkaan listrik di Indonesia bisa diatasi dengan penggunaan energi nuklir. Jika pemerintah Indonesia setuju, Rusia siap membantu dalam pembangunan infrastruktur dan menyediakan teknologi yang dibutuhkan.

“Rusia adalah yang terdepan di dunia dalam bidang penggunaan energi nuklir untuk tujuan damai. Saat ini kami membangun 40 reaktor nuklir di berbagai negara di dunia seperti China, India, Bangladesh, Iran, dan Turki,” tukas Mikhail Galuzin kepada awak media pada Agustus 2017.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini