Survei Cyrus: Duo DM Didukung Ibu Rumah Tangga hingga Petani

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 05 Februari 2018 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 05 525 1854960 survei-cyrus-duo-dm-didukung-ibu-rumah-tangga-hingga-petani-abGUk2XTJu.jpg

JAKARTA - Lembaga survei ‎Cyrus Network merilis hasil survei terbaru mengenai kekuatan politik kandidat yang akan berlaga di Pilgub Jabar 2018. Hasilnya, pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Dua DM) mendapat dukungan dari pemilih yang belum terkoneksi dengan media sosial, seperti petani dan ibu rumah tangga.

Sementara, basis keunggulan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum muncul dari kalangan wiraswasta, karyawan swasta dan pemilih dengan pendidikan SMA ke atas, serta terkoneksi dengan media sosial.

‎"Basis keunggulan Deddy-Dedi adalah di kalangan ibu rumah tangga, petani, pemilih dengan pendidikan SMP ke bawah, dan mayoritas belum terkoneksi dengan media sosial," kata Managing Direktor Cyrus Network, Eko Dafid Afianto di Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (5/2/2018).

(Baca Juga: Duo DM dan RK-Uu Bersaing Ketat di Pilgub Jabar)

‎Dijelaskannya, pengguna medsos di Jabar tercatat naik hingga 1,5 kali lipat dalam dua tahun terakhir. Dari 25% pengguna di November 2015, menjadi 41% di Januari 2018. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian bagi dua pasang calon yang bersaing sengit secara demografis pemilih.

"Basis keunggulan ini bisa dimaksimalkan dengan perang darat, kampanye langsung ke masyarakat, tanpa melupakan faktor media sosial yang juga jadi sangat penting pada Pilkada kali ini," terang Eko.

‎Sementara itu, lanjut dia, ‎RK-Uu dan Deddy-Dedi sejauh ini saling berbagi basis wilayah di empat wilayah pembangunan dan wilayah kultural di Jawa Barat. RK-Uu unggul tipis (48% berbanding 43%) di Wilayah Pembangunan I yang meliputi Bogor Raya, Sukabumi, Cianjur dan Depok.

"RK-Uu juga unggul secara telak (61% berbanding 27%) di Wilayah Pembangunan IV yang meliputi Bandung Raya, Tasik, Garut, Ciamis dan Pangandaran," ungkap Eko.

Sementara itu, lanjut dia, Deddy-Dedi unggul jauh di Wilayah Pembangunan II yang meliputi Bekasi Raya, Purwakarta, Karawang, dan Subang (57% berbanding 25%). Duo DM ini juga unggul cukup telak di Wilayah Pembangunan III yang meliputi Cirebon Raya, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (44% berbanding 37%).

Survei Cyrus Network mengenai peta kekuatan politik di Pilgub Jabar dilaksanakan pada 16-22 Januari 2018. Survei mengambil sampel 1.000 responden dengan teknik pengambilan multistage random sampling. Adapun tingkat keyakinan dalam survei ini yakni 95% dengan margin of error 3,1%.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini