nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Skuter Suzuki Burgman 400 Vs Yamaha X-MAX 400, Mana yang Terbaik?

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 07 Februari 2018 09:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 06 15 1855750 skuter-suzuki-burgman-400-vs-yamaha-x-max-400-mana-yang-terbaik-JJiSCM816a.jpg Foto: Motorcyclenews

JIKA Anda menginginkan skuter maxi berkapasitas besar seperti Yamaha TMAX seharga sekira Rp185 juta atau Suzuki Burgman 650 seharga sekira Rp174juta, Anda akan merogoh kantong lebih dalam. Namun, kelas menengah versi 400cc di sini menawarkan kesenangan dan fleksibilitas yang jauh terjangkau. Tapi mana yang terbaik?

Lihat sendiri, ada sedikit hal untuk memisahkan mereka. Roda merah Suzuki Burgman 400 yang baru dengan kualitas karet Dunlop memberikan tampilan yang sporty. Jahitan merah di jok adalah sentuhan yang bagus, dan rem parkir krom. Ada soket 12v di kaca depan kanan dan sisi sebelah kiri, keduanya lebih besar dari pada Yamaha.

Sementara tongkat pengapian 'tanpa kunci' Yamaha X-MAX 400 memungkinkan Anda mengunci kompartemen depan, jok dan tutup bahan bakar. Ada juga alarm jika Anda secara tidak sengaja meninggalkan kunci kontak dan berjalan pergi. Demikian dilansir dari Motorcyclenews pada Rabu (7/2/2018).

Kursi besar di Suzuki bisa dikunci dan dilepaskan dengan memutar kunci di kunci kontak. Ada cukup ruang bagasi untuk satu helm full face, atau dua untuk helm terbuka. Sehingga Anda bisa menyimpan buah dan sayuran yang layak di sana.

Yamaha bisa menyimpan dua helm full face di bawah jok, tapi tidak sedalam Suzuki Burgman 400.

Kursi Suzuki terasa lebih rendah 775mm dibandingkan dengan 800mm milik Yamaha. Kenapa Yamaha membuatnya begitu tinggi?

Burgman lebih lapang dan nyaman, Anda benar-benar bisa meregangkan kaki dan rileks. Bahkan ada dukungan lumbal yang dapat disesuaikan.

Jarak sumbu roda lebih panjang di Suzuki juga untuk stabilitas ekstra (bersama dengan roda depan berdiameter inci lebih besar).

[Baca Juga: Yamaha TMax Absen 2 Tahun di Indonesia, Ini Alasannya]

Di sisi kekuatan angin Yamaha bisa sedikit tidak stabil, apalagi di atas 70mph. Kelemahan dari stabilitas baru yang ditemukan di Suzuki adalah kemudi yang relatif lambat.

Buatan Yamaha lebih ringan 5kg dan sasis stubbier membuatnya semakin flickable. Remnya juga sedikit lebih kuat dari Suzuki.

Kedua skuter bongsor ini menghasilkan tenaga yang sama dan memiliki akselerasi yang jauh dari generasi sebelumnya, namun Suzuki akan terus melaju ke redline 8000 rpm-nya. Yamaha X-MAX 400 memiliki kecepatan puncak yang sedikit lebih baik.

Dimana saat Suzuki Burgman 400 melaju dengan kecepatan 90 mil per jam, Yamaha sudah sampai pada 100 mil per jam. Kedua sepeda motor ini akan meluncur dengan mulus di 80-85 mil per jam tanpa bergetar berarti. Suzuki Burgman 400 diajak lari 120 mil dengan cepat di jalan tol dan masih merasa relatif segar setelah dua jam di pelana.

Lalu mana yang lebih irit? Yamaha rata-rata menghabiskan BBM 53 mil per galon dan Suzuki selalu lebih dari 60 mil per galon. Keduanya bisa melaju sekira 130-140 mil sebelum lampu cadangan BBM menyala.

Kedua skuter ini dirancang untuk kendaraan touring, tapi keduanya bisa mengatasi perjalanan panjang dengan mudah dan selama pengujian telah dibuktikan. Dengan kedua model ini, mana yang Anda pilih?

[Baca Juga: Suzuki DR-Z70 2018, Motor Trail Khusus Anak dengan 3 Percepatan]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini