nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Motor untuk Balapan Bikin Garansi Service Gugur, Cek Selengkapnya di Sini

Agregasi Gila Motor, Jurnalis · Rabu 07 Februari 2018 17:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 07 15 1856180 pakai-motor-untuk-balapan-bikin-garansi-service-gugur-cek-selengkapnya-di-sini-gzTH2QrgRg.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA - Pastinya salah satu pertimbangan dalam membeli sepeda motor adalah garansi. Untuk itulah demi kenyamanan konsumen, produsen sepeda motor memberikan garansi untuk setiap pembelian produknya. Pun demikian dengan PT Astra Honda Motor (AHM) yang juga memberikan garansi bagi produk-produknya.

Setiap pembelian unit sepeda motor baru Honda, pelanggan akan mendapatkan beragam garansi. Seperti garansi injeksi selama lima tahun atau 50 ribu kilometer, garansi mesin tiga tahun atau 30 ribu kilometer. Selain itu juga dapat garansi rangka dan kelistrikan selama satu tahun atau 10 ribu kilometer.

Nah, tentunya rugi jika kehilangan garansi-garansi tersebut? Oleh karena itu wajib tahu apa saja yang bisa menggugurkan garansi sepeda motor Honda. Apa saja itu, berikut penjelasannya:

Pertama buku service dan garansi motor nggak boleh hilang atau rusak. Jika buku tersebut hilang atau rusak, maka garansi tidak berlaku.

Jadi sebaiknya simpan baik-baik buku tersebut di tempat aman dan mudah diingat. Pastikan juga mendapatkan buku service dan garansi dari diler saat membeli sepeda motor.

Kedua, tidak melakukan perawatan berkala di AHASS sesuai dengan ketentuan. Jadi, jika tak melakukan service secara rutin sesuai ketentuan pada buku service, maka garansi akan hangus.

[Baca Juga: Selamatkan Mobil Anda dari Ancaman Banjir Sore Ini, Berikut Tipsnya]

Ketiga, adanya kerusakan akibat perawatan di luar AHASS. Untuk menanggulangi hal ini, pemilik sebaiknya melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Karena jika terjadi kerusakan, bisa klaim garansi.

Selanjutnya faktor yang membuat garansi hangus adalah kerusakan dalam penggunaan. Hal ini kalau pemilik menggunakan sepeda motor Honda tak sesuai dengan buku pedoman pemilik.

Selain itu menggunakan sepeda motor untuk berkompetisi alias balapan pun akan menggugurkan garansi. Pemasangan atau penggunaan suku cadang selain Honda Genuine Part (HGP) juga bikin hangus garansi.

Dan yang terakhir adalah memodifikasi pada bagian kelistrikan. Banyak kasus dimana terjadi kerusakan yang disebabkan memodifikasi bagian kelistrikan. Seperti memasang alarm atau lampu yang nggak standard pabrikan. Jadi sebaiknya hati-hati jika memodifikasi sepeda motor Honda kesayangan.

[Baca Juga: Penting! Ini Panduan Melewati Jalan Rawan Longsor Seperti yang Terjadi di Puncak]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini